KEPEMIMPINAN PEREMPUAN (STUDI PERSEPSI MASYARAKAT DESA SUKARAYA TERHADAP KEPEMIMPINAN BUPATI LUWU UTARA INDAH PUTRI INDRIANI) = WOMEN'S LEADERSHIP (STUDY OF COMMUNITY PERCEPTION OF SUKARAYA VILLAGE ON THE LEADERSHIP OF NORTH LUWU REGENT INDAH PUTRI INDRIANI)


Widayati, Fajar (2022) KEPEMIMPINAN PEREMPUAN (STUDI PERSEPSI MASYARAKAT DESA SUKARAYA TERHADAP KEPEMIMPINAN BUPATI LUWU UTARA INDAH PUTRI INDRIANI) = WOMEN'S LEADERSHIP (STUDY OF COMMUNITY PERCEPTION OF SUKARAYA VILLAGE ON THE LEADERSHIP OF NORTH LUWU REGENT INDAH PUTRI INDRIANI). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E041171304_skripsi_10-08-2022 cover1.png

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E041171304_skripsi_10-08-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E041171304_skripsi_10-08-2022 dp.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E041171304_skripsi_10-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 December 2024.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Abstrak
Fajar Widayati. Nim E041171304. Kepemimpinan Perempuan (Studi Persepsi Masyarakat Desa Sukaraya terhadap Kepemimpinan Bupati Luwu Utara Indah Putri indriani)

Sudah menjadi budaya yang turun-temurun menempatkan peran perempuan di sektor domestik dan laki-laki di sektor publik, sehingga mengakibatkan akses dan partisipasi perempuan dalam dunia politik sangat rendah. Masyarakat Desa Sukaraya masih banyak yang memandang bahwa perempuan adalah makhluk yang lemah, tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari tetapi dalam segala hal termasuk dalam dunia politik dan kepemimpinan. Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi masyarakat Desa Sukaraya terhadap kepemimpinan bupati luwu utara Indah putri Indriani. Untuk menjawab tujuan dari penelitian ini, maka akan dianalisis dengan menggunakan konsep kepemimpinan politik dan Gender dan politik. Kepemimpinan politik menjelaskan kepemimpin bukan hanya bisa dilakukan oleh laki-laki, tapi perempuan juga. Sedangkan, dalam konsep gender dan pollitik menggambarkan perbedaan laki-laki dan perempuan secara sosial budaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan sumber data utama yang terdiri dari tokoh masyarakat dan warga masyarakat yang telah memiliki hak pilih dalam pilkada. Sumber data sekunder diperoleh melalui dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat desa terhadap pencalonan wakil bupati perempuan dilihat dari perspektif gender ada yang berpersepsi positif dan berpersepsi negatif. Persepsi positif muncul karena seseorang yang mempersepsi memiliki anggapan yang baik terhadap bupati perempuan. Persepsi negatif muncul karena seseorang yang mempersepsi sesuatu dalam hal ini bupati perempuan kurang setuju terhadap perempuan yang ikut mengambil peran sebagai bupati perempuan. Ada tiga hal yang tak luput dari pandangan atau persepsi masyarakat juga, yaitu pola komunikasi, pola interaksi, dan gaya kepemimpinan.

Kata kunci : kepemimpinan perempuan, masyarakat, persepsi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: women's leadership, society, perception
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 03 Jan 2023 08:03
Last Modified: 03 Jan 2023 08:03
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24037

Actions (login required)

View Item
View Item