PLATFORM MEDIA SOSIAL MENDUKUNG EKSPANSI SIARAN TVRI SULAWESI SELATAN DALAM TRANSFORMASI MEDIA = SOCIAL MEDIA PLATFORM SUPPORTS TVRI SOUTH SULAWESI BROADCASTING EXPANSION IN MEDIA TRANSFORMATION


Artini, Sitti Wahyuni (2022) PLATFORM MEDIA SOSIAL MENDUKUNG EKSPANSI SIARAN TVRI SULAWESI SELATAN DALAM TRANSFORMASI MEDIA = SOCIAL MEDIA PLATFORM SUPPORTS TVRI SOUTH SULAWESI BROADCASTING EXPANSION IN MEDIA TRANSFORMATION. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022191040_tesis_22-08-2022 cover1.png

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E022191040_tesis_22-08-2022 1-2.pdf

Download (943kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E022191040_tesis_22-08-2022 dp.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E022191040_tesis_22-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 December 2024.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

TVRI Sulawesi Selatan melakukan transformasi media dengan memanfaatkan fitur live streaming pada platform media sosial Facebook, Youtube, dan Instagram. Penggunaan fitur live streaming media sosial diintegrasikan dengan siaran TVRI Sulawesi Selatan dari jaringan teresterial untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses siaran TVRI Sulawesi tanpa ada batasan ruang dan waktu. Penelitian ini bertujuan (1) menganalisa transformasi digital TVRI Sulsel dengan memanfaatkan fitur siaran langsung platform media sosial, (2) mengetahui peningkatan kualitas produksi dan penyebaran berita setelah TVRI Sulsel memanfaatkan fitur siaran langsung platform media sosial, dan (3) mengetahui hambatan yang dihadapi TVRI Sulsel selama memanfaatkan fitur siaran langsung platform media sosial.
Untuk menjawab tujuan tersebut, penulis menggunakan penelitian kulatitatif dengan metode deskriptif dengan melibatkan 6 orang informan yang merupakan pimpinan dan karyawan TVRI Sulawesi Selatan, dan Komisioner KPI Pusat. Dalam menganalisa penelitian ini, penulis menggunakan teori konvergensi media dan teori new media.
Hasil penelitian menemukan bahwa TVRI Sulawesi Selatan menyikapi media sosial sebagai layar pengganti bahkan keduanya mampu on air secara bersama. Media sosial sebagai media pendukung untuk perluasan siaran, maka dari itu, TVRI Sulawesi Selatan melakukan structural convergence dengan membuat bagian khusus menangani media baru. Adanya kolom komentar pada platform media sosial, penonton denagan mudah memberikan tanggapan secara real-time sehingga mampu menjadi acuan untuk perbaikan kualitas program siaran baik untuk berita, hiburan, dan budaya. Namun, hadirnya bagian media baru ini, belum disikapi dengan tepat karena masih belum terbentuk tim yang mampu menangangi konten-konten di media sosial, serta belum adanya rancangan anggaran peralatan yang menghambat proses kerja tim media baru.

Keywords : Transformasi media, Konvergensi media, Media Baru Fitur live streaming.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Media transformation, Media convergence, New Media, Live streaming Features
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Jan 2023 06:58
Last Modified: 02 Jan 2023 06:58
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23958

Actions (login required)

View Item
View Item