Strategi Komunikasi Pemasaran Word of Mouth Dalam Peningkatan Brand Awareness Ethnica Design di Kota Makassar = Word of Mouth Marketing Communication Strategy in Increasing Brand Awareness Ethnica Design in Makassar City


Salfiah, Arifah Rizki (2022) Strategi Komunikasi Pemasaran Word of Mouth Dalam Peningkatan Brand Awareness Ethnica Design di Kota Makassar = Word of Mouth Marketing Communication Strategy in Increasing Brand Awareness Ethnica Design in Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E021181334_skripsi_19-09-2022 cover1.png

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E021181334_skripsi_19-09-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021181334_skripsi_19-09-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E021181334_skripsi_19-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 December 2024.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ARIFAH RIZKI SALFIAH. Strategi Komunikasi Pemasaran Word of Mouth dalam Peningkatan Brand Awareness Ethnica Design di Kota Makassar (Dibimbing oleh Tuti Bahfiarti dan Sartika Sari Wardanhi).

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bentuk-bentuk word of mouth Ethnica Design di Kota Makassar; (2) Untuk mengetahui komunikasi pemasaran word of mouth dalam meningkatkan brand awareness Ethnica Design di Kota Makassar; (3) Untuk mengetahui hambatan-hambatan word of mouth dalam meningkatkan brand awareness Ethnica Design di Kota Makassar.
Penelitian ini berlangsung kurang lebih 6 bulan (Januari 2021 – Juli 2022) di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Informan ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu yang memiliki relevansi dengan tujuan penelitian. Adapun data primer penelitian bersumber dari hasil wawancara dengan pegawai Ethnica Design dan konsumennya yang dipilih dengan kriteria tertentu. Data sekunder bersumber dari buku, jurnal, dan penelitian sebelumnya dan bahan-bahan lainnya yang menunjang penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi nonpartisipan, wawancara mendalam, dan studi pustaka. Teknik analisis data menggunakan model analisis Miles dan Hubberman.
Hasil penelitian ini mengungkap bahwa word of mouth yang merupakan bagian dari marketing communication mix membantu peningkatan brand awareness Ethnica Design. Brand awareness meningkat ke arah yang positif akibat isi content word of mouth Ethnica Design didominasi dengan positive word of mouth seperti karya yang bagus, keren, mempunyai story behind the product, dan memenangi lomba tingkat provinsi. Word of mouth Ethnica Design dapat didominasi dengan isi content yang positif akibat Ethnica Design yang memaksimalkan hasil kerja agar menjadi top of mind di setiap konsumennya. Cara tersebut berhasil karena sebagian besar konsumennya sudah mengingat Ethnica Design pertama kali ketika diberi pernyataan tentang konsultan desain. Brand awareness Ethnica Design juga terus berkembang akibat banyaknya konsumen yang sudah mencapai tingkatan top of mind dan kemudian menjadi carrier sehingga word of mouth Ethnica Design terus berkembang. Minimnya hambatan dalam proses word of mouth Ethnica Design juga mendorong pesatnya perkembangan brand awareness Ethnica Design.

Keywords : Komunikasi Pemasaran, Marketing Communication Mix, Word of Mouth, Brand awareness

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Marketing Communication, Marketing Communication Mix, Word of Mouth, Brand awareness
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Jan 2023 06:55
Last Modified: 02 Jan 2023 06:55
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23951

Actions (login required)

View Item
View Item