Pengaruh Sales Promotion Produk di Marketplace Shopee Terhadap Perilaku Membeli Konsumen di Kelurahan Maradekaya Utara Kota Makassar = The Effect of Sales Promotion at Shopee Marketplace on Consumer Buying Behavior at North Maradekaya Village, Makassar City


Hesterrine, Hesterrine (2022) Pengaruh Sales Promotion Produk di Marketplace Shopee Terhadap Perilaku Membeli Konsumen di Kelurahan Maradekaya Utara Kota Makassar = The Effect of Sales Promotion at Shopee Marketplace on Consumer Buying Behavior at North Maradekaya Village, Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E021181301_skripsi_02-06-2022 cover1.png

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E021181301_skripsi_02-06-2022 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021181301_skripsi_02-06-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E021181301_skripsi_02-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 December 2024.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah ragam sales promotion produk yang ditawarkan di marketplace Shopee menarik perhatian konsumen Kelurahan Maradekaya Utara, Kota Makassar, (2) mengetahui tingkat perilaku membeli konsumen Kelurahan Maradekaya Utara, Kota Makassar di marketplace Shopee, dan (3) mengetahui seberapa besar pengaruh sales promotion produk yang dipasarkan di Shopee terhadap perilaku membeli konsumen Kelurahan Maradekaya Utara, Kota Makassar.
Tipe penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif yang menggambarkan atau menjelaskan suatu masalah yang hasilnya dapat digeneralisasikan dimana data dikumpulkan menggunakan kuesioner kepada masyarakat yang berdomisili di Kelurahan Maradekaya Utara, Kota Makassar. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih 2 bulan, yaitu Januari – Maret 2022. Adapun teknik penentuan sampel menggunakan rumus Slovin.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ragam promosi Shopee yang paling menarik konsumen Kelurahan Maradekaya Utara Kota Makassar adalah fitur gratis ongkir (COD/ Shopeepay/ Bank) yaitu sebesar 75.19% dan kategori produk yang paling diminati adalah kategori fashion yaitu sebesar 60.08%. (2) Tingkat perilaku membeli konsumen dikaji menggunakan formula AIDDA. Dari hasil perhitungan tiap indikator tahapan pada formula AIDDA (Attention, Interest, Desire, Decision, Action), tahapan perhatian (attention) memiliki persentase tertinggi yaitu sebesar 84% yang berarti tahap ini merupakan tahap yang paling besar mendapat perhatian dari mayoritas responden dalam aktivitas berbelanja online untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu mencari informasi lebih lanjut dari stimuli pesan promosi yang diterimanya. Sedangkan tahapan dengan persentase terendah yaitu tahapan keinginan (desire) yaitu sebesar 80%, yang berarti jika dibandingkan tahapan lain pada proses AIDDA, tahapan keinginan ini merupakan tahapan yang kurang mendapat perhatian atau diperhatikan oleh mayoritas responden ketika melakukan suatu proses pembelian online. (3) Adanya pengaruh antara sales promotion Shopee dan perilaku membeli konsumen. Hal ini dilihat dari nilai R Square yang diperoleh yaitu 0.178, yang berarti pengaruh variabel bebas (sales promotion Shopee) terhadap variabel terikat (perilaku membeli konsumen) adalah sebesar 17.8%. Nilai Sig. 0.000 > 0.05 sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima yaitu Ada pengaruh Sales promotion Shopee (X) terhadap Perilaku Membeli Konsumen (Y).

Keywords : Sales promotion, Perilaku Membeli Konsumen, Marketplace Shopee, Kelurahan Maradekaya Utara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sales Promotion, Consumer Buying Behavior, Marketplace Shopee, North Maradekaya Village
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Jan 2023 06:40
Last Modified: 02 Jan 2023 06:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23943

Actions (login required)

View Item
View Item