KOMUNIKASI KOMUNITAS ADAT SAORAJA KULO DALAM MELESTARIKAN TRADISI MAPPATINRO TEDONG DI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG = COMMUNICATION OF THE SAORAJA KULO TRADITIONAL COMMUNITY IN PRESERVING THE MAPPATINRO TEDONG TRADITION IN SIDENRENG REGENCY, RAPPANG


Budiman, A. (2022) KOMUNIKASI KOMUNITAS ADAT SAORAJA KULO DALAM MELESTARIKAN TRADISI MAPPATINRO TEDONG DI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG = COMMUNICATION OF THE SAORAJA KULO TRADITIONAL COMMUNITY IN PRESERVING THE MAPPATINRO TEDONG TRADITION IN SIDENRENG REGENCY, RAPPANG. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E021171519_skripsi_18-07-2022 cover1.png

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E021171519_skripsi_18-07-2022 1-2.pdf

Download (782kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021171519_skripsi_18-07-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E021171519_skripsi_18-07-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 December 2024.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Andi Budiman. Komunikasi Komunitas Adat Soraja Kulo Dalam Melestarikan Tradisi Mappatinro Tedong Di Kabupaten Sidenreng Rappang. (Dibimbing oleh Andi Alimuddin unde dan Syamsuddin Aziz)

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi komunitas masyarakat adat soraja kulo dalam melestarikan tradisi mappatunru tedong dan mengetahui bagaimana masyarakat adat soraja kulo melestarikan tradisi mappatinro tedong.
Penelitian ini dilakukan di Soraja Kulo, Desa Kulo, Kec. Kulo, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan. Tipe penelitian ini menggunakan tipe kualitatif deskriptif. Data primer dikumpulkan dengan observasi dan wawancara mendalam kepada informan melalui teknik purposive sampling. Data sekunder diperoleh dari sumber yang ada melalui penelusuran bahan bacaan seperti buku, jurnal, skripsi yang terkait dengan penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukan komunikasi yang terbangun pada masyarakat adat Kulo juga sangat berpengaruh kepada pelestarian tradisi mappatunru tedong. Bentuk komunikasi verbal komunitas Soraja Kulo adalah melakukan musyawarah untuk mendapatkan kesepatakan bersama yang dilakukan keluarga Arung Kulo sebelum acara dimulai. Hal ini menandakan bahwa keluarga Arung Kulo yang sekaligus tokoh adat soraja kulo memiliki peran yang sangat penting dalam mewarisi serta melestarsikan pesta adat tersebut. Sedangkan bentuk komunikasi nonverbal adalah alat music yang digunakan menghasilkan bunyi-bunyian khas yang dimainkan oleh keluarga Soraja Kulo yang syarat dengan simbol yang menandakan prosesi segara berlangsung. Seluruh proses komunikasi berupa penyampaian pesan dan interaksi yang dilakukan satu anggota ke anggota keluarga lainnya dalam komunitas Soraja Kulo kemudian membentuk sebuah pola komunikasi.

Kata kunci : Komunikasi, Soraja Kulo, Melestarikan Tradisi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Communication Pattern, Soraja Kulo, Preserving Tradition
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Jan 2023 06:32
Last Modified: 02 Jan 2023 06:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23928

Actions (login required)

View Item
View Item