KEPERCAYAAN PUBLIK ( PUBLIC TRUST ) TERHADAP PENGELOLAAN DANA DESA DI KECAMATAN BONTOCANI KABUPATEN BONE = PUBLIC TRUST IN VILLAGE FUND MANAGEMENT IN BONTOCANI DISTRICT, BONE REGENCY


Darwin, Andi Akhdar (2022) KEPERCAYAAN PUBLIK ( PUBLIC TRUST ) TERHADAP PENGELOLAAN DANA DESA DI KECAMATAN BONTOCANI KABUPATEN BONE = PUBLIC TRUST IN VILLAGE FUND MANAGEMENT IN BONTOCANI DISTRICT, BONE REGENCY. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E013181006_disertasi_cover1.png

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E013181006_disertasi_bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E013181006_disertasi_dp.pdf

Download (758kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E013181006_disertasi_14-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 December 2024.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

ANDI AKHDAR DARWIN. Kepercayaan Publik (Public Trust) Terhadap Pengelolaan Dana Desa di Kecamatan Bontocani Kabupaten Bone (Dibimbing oleh Muh. Nursadik, Syahribulan, Muh. Tang Abdullah).

Kepercayaan publik dipengaruhi oleh keberhasilan pengelolaan dana desa yang kelompok sasarannya masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi kepercayaan publik dan dampaknya dalam pengelolaan dana desa di Kecamatan Bontocani Kabupaten Bone.
Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif, strategi penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Penggunaan studi kasus bertujuan untuk memperoleh penjelasan komprehensif mengenai fenomena pengelolaan dana desa yang berfokus pada kepercayaan publik dan penyelenggaraan Good Governance meliputi transparansi, akuntabilitas dan responsivitas pemerintah desa. Lokasi penelitian dilakukan di kecamatan Bontocani Kabupaten Bone. Penentuan informan diterapkan secara purposive. Sumber data meliputi data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, data kondensasi dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepercayaan publik terhadap pengelolaan dana desa cukup baik, namun masih ditemukan kesenjangan antara realisasi kegiatan atau program desa dengan harapan masyarakat. Transparansi pemerintah desa dalam pengelolaan dana desa cukup baik, namun masih ditemukan pemerintah desa yang kurang informatif dalam memberikan informasi yang dibutuhkan masyarakat. Akuntabilitas pemerintah desa dalam hal pelaporan keuangan desa telah dilakukan dengan rutin setiap triwulan dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Responsivitas aparatur desa dalam memberikan layanan dan penyelesaian aspirasi atau keluhan masyarakat perlu ditingkatkan. Pengelolaan dana desa berdampak pada kepercayaan publik terhadap pemerintah desa yang mayoritas telah cukup baik namun masih ditemukan masyarakat yang kurang memiliki kepercayaan kepada pemerintah dalam mengelola dana desa.

Kata Kunci : Kepercayaan Publik, Dana Desa, Akuntabilitas, Transparansi, Responsivitas

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Public Trust, Village Funds, Accountability, Transparency, Responsiveness
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Jan 2023 06:22
Last Modified: 02 Jan 2023 06:22
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23914

Actions (login required)

View Item
View Item