CAPACITY BUILDING DALAM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PEMERINTAH KECAMATAN DI KABUPATEN SINJAI = CAPACITY BUILDING IN DISTRICT GOVERNMENT HUMAN RESOURCES DEVELOPMENT IN SINJAI DISTRICT


Nurdin, Mochamat (2022) CAPACITY BUILDING DALAM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PEMERINTAH KECAMATAN DI KABUPATEN SINJAI = CAPACITY BUILDING IN DISTRICT GOVERNMENT HUMAN RESOURCES DEVELOPMENT IN SINJAI DISTRICT. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E013171011_disertasi_22-09-2022 cover1.png

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E013171011_disertasi_22-09-2022 1-2.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E013171011_disertasi_22-09-2022 dp.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E013171011_disertasi_22-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 December 2024.

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

MOCHAMAT NURDIN. Capacity Building dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Pemerintah Kecamatan di Kabupaten Sinjai (dibimbing oleh Sangkala, Suryadi Lambali, dan Gita Susanti).
Penelitian ini bertujuan menganalisis Capacity Building dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Pemerintah Kecamatan di Kabupaten Sinjai. Pengembangan Sumber Daya Manusia tersebut Fokus pada Personil Profesional dan Kemampuan Teknis Aparatur. Hal tersebut diatas dilihat pada Aktivitas atau Kegiatan : (1) Training; (2) Pengupahan; (3) Kondisi Kerja; dan (4) Rekruitmen.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapat dianalisis menggunakan model dari Miles dan Huberman yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pelaksanaan Training yang ada masih monoton dan berbiaya tinggi, pemerintah kecamatan tidak memiliki inisiatif pengusulan pelaksanaan penelitian, sulitnya pelatihan disebabkan antrian peserta yang ingin mengikuti pelatihan cukup besar sedangkan kesempatan yang kurang tersedia. (2) Pengupahan belum berdasar pada kinerja pegawai. (3) Kondisi kerja saat ini masih belum ramah IT. (4) Rekruitmen penempatan pegawai di Kecamatan masih berbasis pada penugasan bukan kebutuhan dari pemerintah kecamatan. Pengembangan Sumber Daya Manusia yang dibutuhkan di masa yang akan datang adalah pola pengembangan kapasitas yang berbasis teknologi informasi dan digital. Pola pelayanan pemerintahan kepada masyarakat di era yang akan datang akan lebih fokus pada layanan digital. Terutama dalam pola pendidikan dan pelatihan pegawai untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi pegawai dalam memberikan layanan pemerintahan pada masyarakat.

Keywords : Capacity Building, Pengembangan SDM, Pemerintah Kecamatan

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Capacity Building, HR Development, District Government
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Jan 2023 03:38
Last Modified: 02 Jan 2023 03:38
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23910

Actions (login required)

View Item
View Item