EVALUASI INOVASI PROGRAM PENGEMBANGAN INDUSTRI PENGOLAHAN KOPI DI KABUPATEN BANTAENG = AN EVALUATION ON THE INNOVATION THE COFFEE PROCESSING INDUSTRY DEVELOPMENT PROGRAM BANTAENG REGENCY


Filial, Afrilyshiva Sisilia (2022) EVALUASI INOVASI PROGRAM PENGEMBANGAN INDUSTRI PENGOLAHAN KOPI DI KABUPATEN BANTAENG = AN EVALUATION ON THE INNOVATION THE COFFEE PROCESSING INDUSTRY DEVELOPMENT PROGRAM BANTAENG REGENCY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E012201007_tesis_16-08-2022 cover1.png

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E012201007_tesis_16-08-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E012201007_tesis_16-08-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E012201007_tesis_16-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 December 2024.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Afrilyshiva Sisilia Filial. Evaluasi Inovasi Program Pengembangan Industri Pengolahan Kopi Di Kabupaten Bantaeng. Dr. Gita Susanti, M.Si, Dr. Muhammad Tang Abdullah, S.Sos., M.AP.
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis Evaluasi Inovasi Program Pengembangan Industri Kopi Di Kabupaten Bantaeng.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara Observasi, wawancara dan analisis dokumen yang relevan dengan penelitian ini.
Hasil penelitian dengan menggunakan konsep evaluasi formatif dengan pendekatan siklus adaptif oleh Westley dan Antadze (2012) untuk melihat implementasi dan proses kegiatan program yang sedang berlangsung. Menunjukkan bahwa pertama, peluang menjelaskan bahwa pemerintah membuat metode baru yakni “festival kopi bantaeng” yang dianggap dapat mengembangkan program pengolahan hasil insudtri pertanian yang berfokus pada kopi. Kedua, dinamika menjelaskan bahwa pemerintah pemerintah dinas pertanian memfasilitasi sosialisasi serta penyuluhan kepada kelompok tani dan kelompok pemuda, sehingga jumlah UMKM Kopi di kabupaten Bantaeng bertambah dan dapat membantu menambah pendapatan masyarakat lokal. Ketiga, Ide menjelaskan bahwa, dalam pengembangan industri pengolahan hasil pertanian di kabupaten bantaeng ditinjau dari memodifikasi inovasi produk kopi yang sudah di pasarkan kepada konsumen belum bersertifikasi halal dan BPOM. Keempat, Pendekatan baru menjelaskan bahwa, Metode penjualan juga kembali diperbaharui oleh pemerintah dan kelompok pemuda, dimana awal program ini berjalan metode penjualan yang dilakukan hanya dengan cara dijual di sentra kopi. Namun kembali dilakukan pendekatan baru yakni menjual kopi melalui internet khususnya di instagram dan facebook, hal ini dilakukan untuk menambah minat konsumen atau mengikuti trend penjualan seiring berjalannya waktu.

Keywords : Evaluasi Inovasi, Pengembangan Industri, Pengolahan Kopi

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Evaluation of Innovations, Development Programs, Agricultural Products
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Jan 2023 03:14
Last Modified: 02 Jan 2023 03:14
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23903

Actions (login required)

View Item
View Item