BELANJA ONLINE DI KALANGAN MAHASISWA: STUDI TENTANG PERUBAHAN POLA BELANJA PADA MAHASISWA SOSIOLOGI FISIP UNHAS


YUNUS, MUHAMMAD (2019) BELANJA ONLINE DI KALANGAN MAHASISWA: STUDI TENTANG PERUBAHAN POLA BELANJA PADA MAHASISWA SOSIOLOGI FISIP UNHAS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
18_E41114510_Cover1.jpg

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
18_E41114510(FILEminimizer) ... ok 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
18_E41114510(FILEminimizer) ... ok dapus-lam.pdf

Download (579kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18_E41114510(FILEminimizer) ... ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Muhammad Yunus, E411 14 510, “Belanja Online di kalangan Mahasiswa: Studi tentang Perubahan Pola Belanja pada Mahasiswa Sosiologi FISIP Unhas”. Dibimbing oleh Prof. Dr. Hj. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA dan Dr. Ramli AT, M.Si. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin Makassar.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 di Departemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin sebagai tempat berlangsungnya penelitian. Adapun tipe penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan dasar penelitian studi kasus dengan subyek penelitian sebanyak sepuluh orang yang terdiri atas perwakilan angkatan, laki-laki dan perempuan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang memperngaruhi mahasiswa sehingga beralih ke online shop dan dampak apa yang ditimbulkan online shop pada mahasiswa Departemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pergeseran belanja konvensional ke belanja online dipengaruhi oleh tiga faktor utama yaitu: kemudahan akses; harga yang relatif murah; dan efisiensi waktu. Selain itu hadirnya online shop membawa dampak sosiologis serta dampak psikologis bagi mahasiswa. Hal ini disebabkan oleh adanya simulasi hyper-realitas yang dialami mahasiswa dalam lingkungannya serta adanya permainan psikolgis dalam sistem promosi online shop yang mengontrol hasrat mahasiswa selaku konsumen.
Kata kunci: Online shop, faktor memilih online shop, dampak online shop

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Feb 2021 04:14
Last Modified: 16 Feb 2021 04:14
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/2390

Actions (login required)

View Item
View Item