ANALISIS FUNGSI FORUM KOORDINASI PENCEGAHAN TERORISME (FKPT) DALAM UPAYA KONTRA RADIKALISASI DI PROVINSI SULAWESI SELATAN = FUNCTIONS OF THE COORDINATION FORUM FOR THE PREVENTION OF TERRORISM IN COUNTER RADICALIZATION EFFORTS IN SOUTH SULAWESI PROVINCE


Anwar, Dedi (2022) ANALISIS FUNGSI FORUM KOORDINASI PENCEGAHAN TERORISME (FKPT) DALAM UPAYA KONTRA RADIKALISASI DI PROVINSI SULAWESI SELATAN = FUNCTIONS OF THE COORDINATION FORUM FOR THE PREVENTION OF TERRORISM IN COUNTER RADICALIZATION EFFORTS IN SOUTH SULAWESI PROVINCE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E12115014 cover1.png

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E12115014 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E12115014 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E12115014.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 December 2024.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Dedi Anwar Nomor Induk Mahasiswa E12115014 mahasiswa Departemen Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Hasanuddin menyusun skripsi dengan judul “Fungsi Forum Koordinasi Pencegahan Terporisme dalam Upya Kontra Radikalisasi di Provinsi Sulawesei Selatan” di bawah pimbingan Bapak Dr. H. Suhardiman Syamsu, M.Si selaku Pembimbing I dan Bapak Rahmatullah, S.IP, M.Si. selaku Pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan radikalisme di Provinsi Sulawesi Selatan dan penanganannya serta menganalisi fungsi Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme dalam upaya mencegah berkembangya paham radikal teroris di Sulawesi Selatan melaui upya kontra radikalisasi yang dilakukan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan penelitian lapangan. Pendekatan kualitatif ini menekankan analisis pada proses penyimpulan induktif serta pada analisis tehadap dinamika hubungan antar fenomena yang diamati dengan menggunakan logika ilmiah dalam melihat fungsi Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dalam melaksanakan fungsinya, tidak ada banyak kegiatan yang dilaksanakan oleh FKPT sebagai bentuk kontra radikalisasi di daerah. Namun, peran serta pengurusnya dalam berbagai kegaiatan yang diadakan oleh berbagai pihak di daerah, terutama yang terkait dengan kerukunan umat beragama, dapat menjadi bagian dari upaya kontra radikalisasi. Sehingga dari aspek pelaksaan fungsinya, FKPT lebih banyak hadir di tengah-tengah aktivitas masyarakat dan menjadi fasilitator. Fungsi membantu BNPT dalam melaksanakan program yang telah direncana menjadi lebih utama dilaksanakan oleh FKPT daripada menginisiasi kegiatan kontra radikalisasi sendiri.

Keywords : Fungsi, Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme, Kontra Radikalisasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Function, Coordination Forum for the Prevention of Terrorism, Counter Radicalization
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Jan 2023 03:04
Last Modified: 02 Jan 2023 03:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23886

Actions (login required)

View Item
View Item