PENGELOLAAN ARSIP DI UNIT PELAKSANA TEKNIS BALAI PENGUJIAN DAN SERTIFIKASI MUTU BARANG DINAS PERDAGANGAN SULAWESI SELATAN = ARCHIVE MANAGEMENT AT THE TECHNICAL IMPLEMENTATION UNIT OF THE TESTING AND QUALITY CERTIFICATION CENTER FOR THE TRADE OFFICE OF SOUTH SULAWESI


Adol, Nova Larling Sinagula (2022) PENGELOLAAN ARSIP DI UNIT PELAKSANA TEKNIS BALAI PENGUJIAN DAN SERTIFIKASI MUTU BARANG DINAS PERDAGANGAN SULAWESI SELATAN = ARCHIVE MANAGEMENT AT THE TECHNICAL IMPLEMENTATION UNIT OF THE TESTING AND QUALITY CERTIFICATION CENTER FOR THE TRADE OFFICE OF SOUTH SULAWESI. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011181309_skripsi_15-08-2022 cover1.png

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E011181309_skripsi_15-08-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011181309_skripsi_15-08-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011181309_skripsi_15-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 December 2024.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
NOVA LARLING SINAGULA ADOL E011181309, menyusun skripsi dengan judul “Pengelolaan Arsip Di Unit Pelaksana Teknis Balai Pengujian Dan Sertifikasi Mutu Barang Dinas Perdagangan Sulawesi Selatan” dibawah bimbingan Dr. Nurdin Nara, M.Si dan Dr. Syahribulan, M.Si
Pengelolaan arsip adalah proses tahapan kegiatan yang mengatur atau mengendalikan arsip. Tahap pengelolaan arsip yakni penataan, penyimpanan, peminjaman, penemuan kembali, pemeliharaan, pengamanan, dan penyusutan arsip yang bertujuan untuk menjaga arsip agar tetap utuh serta untuk memperoleh dan menyimpan informasi yang ada di arsip untuk kebutuhan dan kepentingan organisasi. Di dalam pengelolaan arsip terdapat hambatan yang dapat mengganggu kelancaran aktivitas pengelolaan arsip. Tentunya diperlukan upaya untuk mengatasi hambatan tersebut melalui kualitas pegawai yang dapat memahami pengelolaan arsip serta melengkapi fasilitas pengelolaan agar dapat memperoleh pengelolaan arsip yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengelolaan arsip Unit Pelaksana Teknis Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang Dinas Perdagangan Sulawesi Selatan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe deskriptif, yang melibatkan 6 informan yakni pegawai kantor UPT Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang Dinas Perdagangan Sulawesi Selatan untuk memperoleh informasi tentang pengelolaan arsip. Jenis data yang dikumpulkan yakni data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan, dokumentasi, dan wawancara.
Sesuai dengan hasil penelitian diperoleh pengelolaan arsip yang dilaksanakan cukup baik. Namun terdapat hambatan seperti kurangnya perlengkapan pengelolaan arsip dan adanya pegawai datang terlambat serta yang belum dapat memahami pengelolaan arsip.

kata kunci: Pengelolaan Arsip

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Archive Management
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Jan 2023 02:46
Last Modified: 02 Jan 2023 02:46
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23867

Actions (login required)

View Item
View Item