EFEKTIVITAS LAYANAN PENGADUAN ONLINE PADA PUSAT PELAYANAN INFORMASI DAN PENGADUAN DI KABUPATEN PINRANG = Effectiveness of Online Complaint Services at the Information and Complaints Service Center in Pinrang Regency


Ridwan, Ummu Kalsum (2022) EFEKTIVITAS LAYANAN PENGADUAN ONLINE PADA PUSAT PELAYANAN INFORMASI DAN PENGADUAN DI KABUPATEN PINRANG = Effectiveness of Online Complaint Services at the Information and Complaints Service Center in Pinrang Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011181018_skripsi_16-08-2022 cover1.png

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E011181018_skripsi_16-08-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011181018_skripsi_16-08-2022 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011181018_skripsi_16-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 December 2024.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Efektivitas adalah suatu keadaan yang menunjukkan sejauhmana rencana mencapai tujuan atau sasaran yang hendak dicapai dan untuk mencapai tujuan tersebut perlu usaha suatu organisasi. Pelayanan kepada masyarakat adalah tujuan utama yang telah menjadi kewajiban dalam menyelenggarakan pelayanan dengan menciptakan yang terbaik kepada masyarakat. PINDU ini merupakan upaya pemerintah Kabupaten Pinrang memfasilitas warga masyarakatnya menjangkau dan memperoleh informasi yang dibutuhkan, melalui PINDU ini juga mendorong partisipasi masyarakat untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik pada semua aspek pembangunan yang menjangkau dari pedesaan hingga perkotaan dengan menerapkan berbasis online dan didukung perangkat teknologi yang modern, kepentingan masyarakat Pinrang akan dilayani dengan sederhana, mudah dan efektif.
Maka unit analisis pada penelitian ini adalah Efektivitas Layanan Pengaduan Online Pada Pusat Pelayanan Informasi Dan Pengaduan (Pindu) Di Kabupaten Pinrang. Tipe penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara,observasi, dan dokumentasi terkait dengan penelitian.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa dari layanan pengaduan Online pada Pusat Pelayanan Informasi dan Pengaduan (PINDU) di Kabupaten Pinrang belum efektif karena masih banyaknya kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Pemahaman masyarakat dengan penggunaan teknologi, sosialisasi yang belum maksimal artinya masyarakat masih banyak yang belum mengetahui adanya PINDU ini yang bisa di akses secara online, dan kurangnya pengawasan terhadap pengaduan yang masuk akibatnya tingkat kepercayaan terhadap respon pengaduan masih kurang.

Keywords : PINDU, Pengaduan Online

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PINDU, Online Complain
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Jan 2023 01:32
Last Modified: 02 Jan 2023 01:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23848

Actions (login required)

View Item
View Item