Efektivitas Program Percepatan Penurunan Stunting di Kecamatan Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar = Effectiveness of the Program for the Acceleration of Stunting Reduction in Benteng District, Selayar Islands Regency


Apriani, Andi Reski (2022) Efektivitas Program Percepatan Penurunan Stunting di Kecamatan Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar = Effectiveness of the Program for the Acceleration of Stunting Reduction in Benteng District, Selayar Islands Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011181016_skripsi_cover1.jpg

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E011181016_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (960kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011181016_skripsi_dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of full taxt] Text (full taxt)
E011181016_skripsi_25-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
ANDI RESKI APRIANI (E011181016), Efektivitas Program Percepatan Penurunan Stunting di Kecamatan Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar. (Dibimbing oleh Prof. Dr. Muh. Akmal Ibrahim, M,Si dan Dr. Nurdin Nara, M.Si)
Kejadian balita pendek atau biasa disebut dengan stunting merupakan salah satu masalah gizi yang dialami oleh balita di dunia saat ini termasuk di Indonesia. Melihat permasalahan stunting tersebut, pemerintah Indonesia berupaya untuk menanganinya dengan meluncurkan Program Percepatan Penurunan stunting. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Efektivitas Program Percepatan Penurunan Stunting Di Kecamatan Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar dilihat dari indikator pencapaian tujuan, integrasi dan adaptasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan sumber data yang digunakan adalah data-data primer dan sekunder. Data hasil penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumen yang berhubungan dengan penelitian tersebut
Efektivitas Program Percepatan Penurunan Stunting Di Kecamatan Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar belum efektif dengan mengacu pada teori Duncan dalam Steers (1985) yang terdiri dari 3 indikator yaitu pertama Pencapaian Tujuan yang telah sesuai dengan dasar hukum pelaksanaan program, namun target nasional 14% belum tercapai pada tahun 2021, kedua yakni Integrasi yang terdiri dari 2 sub-indikator yakni prosedur yang sudah sesuai dengan pedoman pelaksanaan program dan tingkat keberhasilan proses sosialisasi yang cukup merata ke seluruh masyarakat serta proses komunikasi dengan organisasi lain berjalan dengan baik. Indikator ketiga yakni Adaptasi yang terdiri dari peningkatan kemampuan yang dilakukan melalui upaya khusus sehingga berhasil menurunkan sedikit prevalansi stunting di wilayah kerja Puskesmas Benteng dan sarana dan prasarana yang telah memadai namun terbatas dalam hal ruangan.

Keywords : Efektivitas, Stunting, Program Percepatan Penurunan Stunting

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Effectiveness, Stunting, Stunting Reduction Acceleration Program
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Jan 2023 01:29
Last Modified: 02 Jan 2023 01:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23846

Actions (login required)

View Item
View Item