Inovasi Penerapan Citizen Reporting System Dalam Mewujudkan Smart City di Kota Makassar = Innovation in Implementing Citizen Reporting System in Realizing Smart City in Makassar City


Farhan, Ahmad (2022) Inovasi Penerapan Citizen Reporting System Dalam Mewujudkan Smart City di Kota Makassar = Innovation in Implementing Citizen Reporting System in Realizing Smart City in Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011181012_skripsi_20-06-2022 cover1.png

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E011181012_skripsi_20-06-2022 1-2.pdf

Download (831kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011181012_skripsi_20-06-2022 dp.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011181012_skripsi_20-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 December 2024.

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Ahmad Farhan (E011181012), Inovasi Penerapan Citizen Reporting System Dalam Mewujudkan Smart City di Kota Makassar. xv + 126 Halaman + 9 Gambar + 11 Tabel + 67 Pustaka + Lampiran, dibawah bimbingan Dr. Suryadi Lambali, MA dan Drs. Lutfi Atmansyah, MA.
Citizen Reporting System merupakan kegiatan dan aktifitas warga yang secara aktif melaporkan beberapa insiden, kejadian atau masalah yang mereka saksikan. Penelitian ini berfokus pada NTPD (Nomor Telepon Panggilan Darurat) Call Center 112 sebagai salah satu layanan yang ditawarkan dalam Citizen Reporting System di Kota Makassar.
Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan inovasi layanan NTPD Call Center 112 di Kota Makassar. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif dimana jenis data terdiri dari data primer yang diperoleh melalui wawancara dan observasi secara langsung di lapangan, sedangkan data sekunder bersumber dari data yang diperoleh dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar dengan menggunakan lima atribut inovasi menurut Rogers (1995) yaitu, keuntungan relatif, kesesuaian, kerumitan, kemungkinan dicoba, dan kemudahan diamati.
Penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum penerapan inovasi layanan NTPD Call Center 112 di Kota Makassar berjalan dengan baik, dilihat dari pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Kota Makassar.

Kata Kunci: Inovasi, Citizen Reporting System, NTPD Call Center 112.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Innovation, Citizen Reporting System, NTPD Call Center 112
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Jan 2023 01:26
Last Modified: 02 Jan 2023 01:26
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23843

Actions (login required)

View Item
View Item