SISTEM PENILAIAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP TRANSAKSI PEMBELIAN PRODUK E-COMMERCE MENGGUNAKAN ANALISIS SENTIMEN = Customer Satisfaction Assessment System On Transactions E-commerce Products Purchases Using Sentiment Analysis


Wahyudiarto, Eugenius (2022) SISTEM PENILAIAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP TRANSAKSI PEMBELIAN PRODUK E-COMMERCE MENGGUNAKAN ANALISIS SENTIMEN = Customer Satisfaction Assessment System On Transactions E-commerce Products Purchases Using Sentiment Analysis. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D121171526_skripsi_07-06-2022 cover1.png

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D121171526_skripsi_07-06-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D121171526_skripsi_07-06-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D121171526_skripsi_07-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 December 2024.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Saat ini semakin banyak produk bermunculan. Berbagai layanan yang menawarkan produk yang mirip dan sama membuat pembeli sulit memutuskan untuk membeli sebelum melihat ulasan dari pengguna lainnya. Hal ini diperparah dengan tumbuhnya platform pemasaran (e-commerce) yang berbeda-beda. Pengguna pun harus menghabiskan waktu untuk memilih produk di masing-masing platform dengan banyak pertimbangan, seperti melihat rating, harga, dan ulasan dari pembeli lainnya. Optimalisasi pemilihan produk e-commerce dilakukan supaya pengguna tidak harus menghabiskan waktu yang lama dengan membaca setiap ulasan ketika ingin membeli produk. Dengan adanya sistem penilaian kepuasan pelanggan terhadap transaksi pembelian produk e-commerce menggunakan analisis sentimen diharapkan dapat memberikan penilaian menyeluruh terhadap transaksi pembelian suatu produk dari ulasan yang diberikan. Sistem ini memberikan 91% akurasi dan skor F1 sebesar 57% dalam memprediksi sentimen menggunakan naive Bayes. Model naive Bayes kemudian digunakan untuk mendapatkan skor kepuasan pelanggan terhadap suatu produk.

Kata kunci: skor kepuasan pelanggan, rekomendasi pembelian produk, analisis sentimen, naive Bayes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: skor kepuasan pelanggan, rekomendasi pembelian produk, analisis sentimen, naive Bayes
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Jan 2023 01:02
Last Modified: 02 Jan 2023 01:02
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23790

Actions (login required)

View Item
View Item