Studi Karakteristik Mineralogi dan Geokimia Pada Zona Profil Endapan Nikel Laterit di Lokasi IUP PT Putra Mekongga Sejahtera, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara = Study of The Mineralogical and Geochemical Characteristics of The Laterite Nickel Deposit Profile Zone, at PT Putra Mekongga Sejahtera, Kolaka Regency, Southeast Sulawesi


Dzulkifli A, Muh Wahyu (2022) Studi Karakteristik Mineralogi dan Geokimia Pada Zona Profil Endapan Nikel Laterit di Lokasi IUP PT Putra Mekongga Sejahtera, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara = Study of The Mineralogical and Geochemical Characteristics of The Laterite Nickel Deposit Profile Zone, at PT Putra Mekongga Sejahtera, Kolaka Regency, Southeast Sulawesi. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D111181014_skripsi_23-09-2022 cover1.png

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D111181014_skripsi_23-09-2022 1-2.pdf

Download (802kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D111181014_skripsi_23-09-2022 dp.pdf

Download (823kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D111181014_skripsi_23-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 December 2024.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

PT Putra Mekongga Sejahtera (PT PMS) merupakan salah satu perusahaan tambang nikel yang beroperasi di Pomalaa, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara. Daerah Pomalaa tersusun atas batuan beku anggota Kompleks Ultramafik (Ku) yang berumur Kapur. Kegiatan penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi mineral penyusun, mengetahui kelimpahan unsur dan senyawa, distribusi sebaran unsur, serta korelasi unsur dan senyawa mayor dan minor pada zona profil endapan nikel laterit. Data penelitian berupa sampel laterit dan batuan, serta data pengeboran sebanyak 76 titik. Analisis mineralogi dilakukan dengan metode XRD pada sampel laterit dan pengamatan secara langsung serta analisis petrografi terhadap batuan dasar. Analisis karakteristik geokimia endapan nikel laterit dilakukan dengan membuat peta distribusi Ni, Fe, Co, CaO, SiO2, MgO dan rasio silika/magnesia (S/M) menggunakan software ArcGIS 10.8, dengan metode Inverse Distance Weighting serta analisis statistik bivariat. Hasil analisis XRD pada zona limonit didominasi oleh mineral goetit, hematit, dan kuarsa. Pada zona saprolit terdapat antigorit, klorit, kuarsa, dan magnetit. Pada zona bedrock dijumpai mineral ortopiroksin, olivin, klinopiroksin, serta serpentin, dengan jenis batuan harzburgit, dan tipe endapan hidrosilikat. Berdasarkan analisis deskriptif, kadar MgO, SiO2, S/M dan CaO meningkat ke arah bawah profil, kadar Fe dan Co menurun ke arah bawah, sedangkan kadar Ni meningkat hingga ke zona saprolit, namun menurun ke zona bedrock. Pada zona limonit unsur dan senyawa yang berkorelasi yaitu SiO2 vs S/M (positif sangat kuat), MgO vs SiO2 dan CaO, Fe vs Co dan SiO2 vs CaO (positif kuat), sedangkan Fe vs SiO2 dan S/M (negatif kuat). Pada zona saprolit unsur dan senyawa yang berkorelasi yaitu Fe vs Co, SiO2 vs S/M (positif sangat kuat), sedangkan MgO vs Fe dan MgO vs Co (negatif kuat). Pada zona bedrock unsur dan senyawa yang berkorelasi yaitu SiO2 vs S/M (positif sangat kuat).

Keywords : Nikel laterit, mineral, unsur dan senyawa, kadar, korelasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nickel laterite, minerals, elements and compounds, grade, correlation
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Jan 2023 00:54
Last Modified: 02 Jan 2023 00:54
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23783

Actions (login required)

View Item
View Item