Analisis Karakteristik Mineralogi dan Geokimia Berdasarkan Zona Profil Endapan Nikel Laterit (Studi Kasus: Blok X PT Ang and Fang Brother, Site Lalampu, Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah) = Analysis of Mineralogy and Geochemical Characteristics Based on Profile Zone of Lateritic Nickel Deposits (Study Case: Block X PT Ang and Fang Brother, Lalampu Site, Bahodopi Subdistrict, Morowali District, Central Sulawesi Province)


Pasolon, Agung Rian (2022) Analisis Karakteristik Mineralogi dan Geokimia Berdasarkan Zona Profil Endapan Nikel Laterit (Studi Kasus: Blok X PT Ang and Fang Brother, Site Lalampu, Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah) = Analysis of Mineralogy and Geochemical Characteristics Based on Profile Zone of Lateritic Nickel Deposits (Study Case: Block X PT Ang and Fang Brother, Lalampu Site, Bahodopi Subdistrict, Morowali District, Central Sulawesi Province). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D111171016_skripsi_15-06-2022 cover1.png

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D111171016_skripsi_15-06-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D111171016_skripsi_15-06-2022 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D111171016_skripsi_15-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 December 2024.

Download (8MB)

Abstract (Abstrak)

Secara regional, daerah penelitian berada pada Sabuk Ofiolit Sulawesi Timur, yang tersusun oleh batuan beku pada Kompleks Ultramafik (Ku). Tersingkapnya batuan ultramafik yang telah mengalami proses pelapukan, menyebabkan daerah penelitian memiliki kandungan unsur yang bernilai ekonomis seperti nikel. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi mineral penyusun, mengetahui kelimpahan unsur dan senyawa, serta korelasi unsur dan senyawa mayor dan minor berdasarkan zona profil endapan nikel laterit. Data penelitian berupa sampel tanah dan batuan, serta data pengeboran sebanyak 59 titik. Kandungan mineral hasil penelitian diperoleh berdasarkan analisis X-ray Diffraction dan Petrografi, sedangkan pada data pengeboran dilakukan analisis statistik univariat dan bivariat. Hasil analisis didapatkan himpunan mineral berupa goetit, hematit, klorit, dan kuarsa pada zona limonit; antigorit, lizardit, enstatit, klorit, kuarsa, dan magnetit pada zona saprolit; dan antigorit, lizardit, enstatit, olivin, magnetit, dan maghemit pada zona batuan dasar, dengan jenis batuan dasar yaitu harzburgit terserpentinisasi. Hasil analisis deskriptif didapatkan kadar unsur dan senyawa mayor yaitu Fe, SiO2, MgO, dan Al, serta unsur minor yaitu Ni, Cr, Co, Ca, dan Mn yang bervariasi pada setiap zonasi, di mana kadar SiO2, MgO, dan Ca meningkat ke arah bawah profil, dan kadar Fe, Al, Cr, Mn, dan Co menurun ke arah bawah profil, sedangkan Ni meningkat hingga zona saprolit. Hasil analisis korelasi unsur dan senyawa mayor dan minor yang didapatkan, dipengaruhi oleh sifat mobilitas unsur dan senyawa dengan meninjau dari arah korelasi, klasifikasi unsur dan senyawa, dan parameter tingkat korelasi.

Keywords : Nikel laterit, Mineral, Unsur dan senyawa, Kadar, Korelasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Laterite nickel, mineral, elements and compounds, grade, correlation
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 30 Dec 2022 12:35
Last Modified: 30 Dec 2022 12:35
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23767

Actions (login required)

View Item
View Item