EVALUASI KUALITAS VISUAL LANSEKAP KAWASAN PESISIR TELUK PALU DENGAN MENGGUNAKAN COASTAL SCENIC EVALUATION SYSTEM (CSES) = EVALUATION OF THE VISUAL QUALITY OF THE PALU BAY COASTAL LANDSCAPE USING COASTAL SCENIC EVALUATION SYSTEM (CSES)


Safitri, Umul Fadila (2022) EVALUASI KUALITAS VISUAL LANSEKAP KAWASAN PESISIR TELUK PALU DENGAN MENGGUNAKAN COASTAL SCENIC EVALUATION SYSTEM (CSES) = EVALUATION OF THE VISUAL QUALITY OF THE PALU BAY COASTAL LANDSCAPE USING COASTAL SCENIC EVALUATION SYSTEM (CSES). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D101181017_skripsi_28-09-2022 cover1.png

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D101181017_skripsi_28-09-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D101181017_skripsi_28-09-2022 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D101181017_skripsi_28-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 December 2024.

Download (8MB)

Abstract (Abstrak)

Pemerintah Kota Palu mengusung konsep pengembangan Kawasan Waterfront Park Teluk Palu sebagai upaya rekonstruksi dan rehabilitasi kawasan terdampak bencana di Sulawesi Tengah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi eksisting Kawasan Pesisir Teluk Palu sebagai objek wisata andalan, kemudian mengevaluasi kualitas visual lansekap pesisir di Kawasan Pesisir Teluk Palu. Penilaian visual lansekap ini merupakan inventarisasi wilayah pesisir yang berguna dalam pengambilan keputusan dalam perencanaan atau pengembangan. Penilaian dilakukan di 9 titik lokasi sepanjang Teluk Palu untuk dievaluasi melalui observasi. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam mengidentifikasi kondisi eksisting kawasan pesisir adalah analisis kualitatif deskriptif dan analisis spasial. Adapun dalam mengevaluasi kualitas visual lansekap dilakukan dengan menggunakan analisis Coastal Scenic Evaluation System (CSES) yang memuat 26 parameter, terdiri dari 18 parameter fisik dan 8 parameter manusia. Hasil analisis kualitatif deskriptif menunjukkan bahwa kondisi objek atraksi, aksesibilitas, akomodasi, fasilitas, dan aktivitas telah optimal menjadi strategi atau komponen yang dapat mempercepat pencapaian pengembangan wisata. Adapun Hasil penilaian evaluasi kualitas visual lansekap diklasifikasikan ke dalam lima kelas melalui nilai atribut yang paling baik yakni kelas I (extremely attractive natural site) hingga kelas V (very unattractive urban). Hasil penelitian menunjukkan nilai Evaluation Index (D) pada setiap gambar pemandangan (scenery) di Kawasan Pesisir Teluk Palu cukup beragam, dimana nilai terendah yaitu -0,29 pada titik pengamatan 1 sedangkan nilai tertinggi yaitu 0,2 pada titik pengamatan 2. Evaluasi kualitas visual lansekap Kawasan Pesisir Teluk Palu menghasilkan dua kategori pada 9 titik pengamatan yaitu kelas IV (mainly unattractive urban) pada titik pengamatan 2, dan kelas V (very unattractive urban) pada titik pengamatan 1, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9.

Kata Kunci: Pemandangan, Pesisir, Pantai, Teluk Palu, Logika fuzzy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Scenery, Coastal, Beach, Palu Bay, Fuzzy Logic
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah Kota
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 26 Dec 2022 07:25
Last Modified: 26 Dec 2022 07:25
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23752

Actions (login required)

View Item
View Item