STRATEGI PENANGANAN PERMUKIMAN KUMUH BERKELANJUTAN DI KAWASAN PERMUKIMAN EKOWISATA MANGROVE LANTEBUNG KELURAHAN BIRA KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR = SUSTAINABLE SLUM HANDLING STRATEGIES IN THE SETTLEMENTS OF LANTEBUNG MANGROVE ECOTOURISM AREA AT BIRA VILLAGE TAMALANREA DISTRICT OF MAKASSAR


Masry, Nur Awaliah Syafitri (2022) STRATEGI PENANGANAN PERMUKIMAN KUMUH BERKELANJUTAN DI KAWASAN PERMUKIMAN EKOWISATA MANGROVE LANTEBUNG KELURAHAN BIRA KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR = SUSTAINABLE SLUM HANDLING STRATEGIES IN THE SETTLEMENTS OF LANTEBUNG MANGROVE ECOTOURISM AREA AT BIRA VILLAGE TAMALANREA DISTRICT OF MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D101171510_skripsi_15-06-2022 cover1.png

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D101171510_skripsi_15-06-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D101171510_skripsi_15-06-2022 dp.pdf

Download (590kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D101171510_skripsi_15-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 December 2024.

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Selama lima tahun terakhir terjadi penurunan tingkat kekumuhan di kelurahan Bira. Meskipun begitu, kawasan permukiman di lokasi tersebut belum memenuhi syarat permukiman yang berkelanjutan baik dari aspek lingkungan, ekonomi, sosial, dan kelembagaan. Tidak terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat terlihat dari kondisi permukiman yang masih kumuh khususnya kawasan permukiman di sekitar Ekowisata Mangrove Lantebung. Tujuan penelitian ini: mengidentifikasi karakteristik permukiman kumuh di kawasan permukiman Ekowisata Mangrove Lantebung; menganalisis faktor apa saja yang mempengaruhi keberlanjutan permukiman di kawasan Ekowisata Mangrove Lantebung; menyusun strategi penanganan kumuh berkelanjutan di kawasan permukiman Ekowisata Mangrove Lantebung. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, analisis multidimensional scalling, dan analisis SWOT. Teknik pengambilan sampel adalah non probability sampling, dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian berupa: karakteristik permukiman menunjukkan masih adanya bangunan permukiman yang termasuk rumah tidak layak huni; faktor yang paling mempengaruhi keberlanjutan permukiman adalah kualitas drainase lingkungan, ketersediaan dana pengelolaan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, dan ketersediaan program penanganan kumuh. Strategi penanganan berfokus pada peningkatan kualitas permukiman, perbaikan sarana prasarana pendukung ekowisata, peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Keywords : Permukiman, Kumuh, Berkelanjutan, Ekowisata, Lantebung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Settlements, Slum, Sustainable, Ecotourism, Lantebung
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah Kota
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 26 Dec 2022 07:20
Last Modified: 26 Dec 2022 07:20
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23735

Actions (login required)

View Item
View Item