STRATEGI PENGEMBANGAN KOMODITAS KOPI DI KECAMATAN LATIMOJONG KABUPATEN LUWU = COFFEE COMMODITY DEVELOPMENT STRATEGY IN LATIMOJONG DISTRICT LUWU REGENCY


Sawar, Nur Afni (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN KOMODITAS KOPI DI KECAMATAN LATIMOJONG KABUPATEN LUWU = COFFEE COMMODITY DEVELOPMENT STRATEGY IN LATIMOJONG DISTRICT LUWU REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D101171014_skripsi_cover1.jpg

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D101171014_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D101171014_skripsi_dp.pdf

Download (918kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D101171014_skripsi_25-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 December 2024.

Download (8MB)

Abstract (Abstrak)

Kecamatan Latimojong merupakan salah satu kecamatan penghasil kopi di Kabupaten Luwu dan kecamatan peruntukan pertanian yang terdapat dalam Rencana Strategis Kabupaten Luwu dan RTRW Kabupaten Luwu Tahun 2012-2032. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, potensi dan masalah komoditas kopi di Kecamatan Latimojong, serta merumuskan ide strategi pengembangan komoditas kopi di Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, kuesioner, observasi dan studi literatur. Analisis yang dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif, analisis spasial, analisis LQ, analisis DLQ, analisis permintaan, analisis perbandingan atau analisis produktivitas, analisis skala likert, dan analisis SWOT. Penelitian ini menunjukkan kondisi karakteristik Kecamatan Latimojong yang mendukung aktivitas komoditas kopi berdasarkan kajian kondisi fisik yaitu ketinggian, curah hujan, kemiringan lereng dan penggunaan lahan serta kajian non fisik yaitu nilai LQ yang basis dan DLQ yang prospektif. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa Kecamatan Latimojong memiliki potensi komoditas kopi yang dapat dikembangkan berupa potensi lahan perkebunan yang luas, sumber daya manusia yang memadai berdasarkan kuantitas, produksi kopi surplus dan permintaan kopi yang konstan serta terdapat masalah berupa aksesibilitas, sarana dan pemasaran kopi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu merekomendasikan 7 ide strategi yaitu W-O (Weaknesses-Opportunities). Strategi ini dibuat dengan meminimalisir faktor kelemahan Kecamatan Latimojong dan memanfaatkan faktor peluang yang ada untuk mengembangkan Komoditas kopi.

Keywords : Komoditas Kopi, Potensi, Masalah, Strategi Pengembangan, Latimojong.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Coffe Commodity, Potential, Constraints, Development Strategies, Latimojong
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Perencanaan dan Pengembangan Wilayah
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Dec 2022 00:41
Last Modified: 19 Dec 2022 00:41
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23724

Actions (login required)

View Item
View Item