ANALISIS PRODUKTIVITAS BONGKAR MUAT PELABUHAN PENGUMPAN MACCINI BAJI KAB.PANGKEP = Analysis of Loading and Unloading Productivity of Maccini Baji Feeder Port Kab. Pangkep


Pata`dungan, Geby (2022) ANALISIS PRODUKTIVITAS BONGKAR MUAT PELABUHAN PENGUMPAN MACCINI BAJI KAB.PANGKEP = Analysis of Loading and Unloading Productivity of Maccini Baji Feeder Port Kab. Pangkep. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D081171506_skripsi_15-08-2022 cover1.png

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D081171506_skripsi_15-08-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D081171506_skripsi_15-08-2022 dp.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D081171506_skripsi_15-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 November 2024.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Geby Pata’dungan “Analisis Produktivitas Bongkar Muat Pelabuhan Pengumpan Maccini Baji Kab. Pangkep” Dibimbing oleh Ashury, S.T., M.T. dan Dr. Ir. Chairul Paotonan, S.T., M.T.

Pelabuhan Maccini Baji merupakan pelabuhan umum yang terletak di desa Pundata Baji, Kecamatan Labakkang, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Pelabuhan Maccini Baji belum ditunjang dengan dengan fasilitas peralatan bongkar muat seperti crane dan forklift, dan peralatan lainnya dalam memenuhi kebutuhan kegiatan bongkar muat barang di Pelabuhan. Hal ini menimbulkan kekhawatiran bahwa pertumbuhan dalam volume, tanpa peningkatan mutu yang memadai dalam kapasitas alat bongkar muat serta pelayanan bongkar muat barang di dermaga, akan menyebabkan semakin meningkatnya waktu tunggu kapal (waiting time) di pelabuhan.

Adapun Penulis menggunakan metode deskriptif yang dimana tujuan dari penelitian ini diantaranya: 1.Menganalisis tingkat produktivitas bongkar muat barang di Pelabuhan Pengumpan Maccini Baji. 2.Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi Produktivitas Bongkat Muat di Pelabuhan Maccini Baji. Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, cara penanganan barang di Pelabuhan Maccini Baji masih menggunakan sistem bongkar muat langsung ( Truck lossing ), dan kebanyakan barang yang dimuat di pelabuhan yaitu semen dalam kemasan sak. Barang yang berasal dari perusahaan dibawa menuju ke pelabuhan menggunakan truk. Kinerja pelayanan operasional adalah hasil kerja terukur yang dicapai pelabuhan dalam melakukan pelayanan kapal, barang dan utilisasi fasilitas dan alat dalam periode waktu dan satuan tertentu. Dalam hal ini kita bisa lihat bagaimana indikator kinerja pelayanan yang ada di Pelabuhan Maccini Baji yang di bagi menjadi tiga kelompok, yaitu indikator Output, indikator service, dan indikator utility.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ,Analisis tingkat produktivitas bongkar muat dipelabuhan Maccini Baji yaitu Maccini Baji sebesar 33,6 Ton/Gang/Jam dengan standar 70% yang berarti dalam hal ini menunjukkan bahwa tingkat produktivitas di Pelabuhan Maccini Baji belum mencapai target standar kinerja, Analisis Produktivitas berdasarkan T/S/H (Ton/Ship/Hour) didapatkan tingkat Produktivitas bongkar muat di Pelabuhan Maccini Baji sebesar 22,42 Ton/Ship/Hour dengan standar 70% yang dalam ini menunjukkan bahwa tingkat produktivitas di Pelabuhan Maccini Baji belum mencapai target standar kinerja, hal tersebut menunjukkan bahwa kapal yang berkunjung tidak terlalu produktif karena waktu efektif bongkar muat masih rendah, Analisis tingkat pemanfaatan dermaga atau Berth Occupancy Ratio (BOR) di Pelabuhan Maccini Baji secara keseluruhan diperoleh nilai BOR tahun 2021 sebesar 20% yang dimana masih jauh dari nilai standar berarti dinyatakan baik menurut standar kinerja Dirjen Perhubungan Laut sebesar 70%, yang dimana faktor-faktor yang mempengaruhi produktfitas bongkar muat adalah Lingkungan,Sumber Daya Manusia ( TKBM),Alat Bongkar Muat,Antrian Mobil.

Kata kunci : Produktivitas, T/G/J, T/S/H, truck lossing, Bongkar muat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Productivity, T/G/J, T/S/H, truck loss, Loading and Unloading
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Kelautan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 05 Dec 2022 02:17
Last Modified: 05 Dec 2022 02:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23684

Actions (login required)

View Item
View Item