DESAIN MODEL ANTRIAN UNTUK MENGOPTIMALKAN WAKTU PRE FLIGHT SERVICES DIMASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL SULTAN HASANUDDIN MAKASSAR) = QUEUING MODEL DESIGN TO OPTIMIZE FOR PRE FLIGHT SERVICES DURING THE COVID-19 PANDEMIC (Case Study at Sultan Hasanuddin International Airport Makassar)


Halim, Faisal (2022) DESAIN MODEL ANTRIAN UNTUK MENGOPTIMALKAN WAKTU PRE FLIGHT SERVICES DIMASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL SULTAN HASANUDDIN MAKASSAR) = QUEUING MODEL DESIGN TO OPTIMIZE FOR PRE FLIGHT SERVICES DURING THE COVID-19 PANDEMIC (Case Study at Sultan Hasanuddin International Airport Makassar). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D072191003_tesis_13-07-2022 cover1.png

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D072191003_tesis_13-07-2022 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D072191003_tesis_13-07-2022 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D072191003_tesis_13-07-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 November 2024.

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

FAISAL HALIM. Desain Model Antrian Untuk Mengoptimalkan Waktu Pre Flight Services Dimasa Pandemi Covid-19, Studi Kasus di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. (dibimbing oleh Dr. Ir. Sapta Asmal, ST., MT dan Kifayah Amar, ST., M.Sc., Ph.D., IPU)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaturan waktu yang optimal untuk pengguna jasa penerbangan sebelum melakukan penerbangan (pre flight) di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. (2) Waktu baku yang optimal pada saat proses Pre Flight pada masa pandemi Covid-19 di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, dan (3) Upaya yang dilakukan pengelola bandara dalam meminimalkan waktu proses pre flight.
Penelitian ini menggunakan metode Flow Process Chart yang merupakan gambaran skematik/diagram yang menunjukkan seluruh langkah dalam suatu program dan menunjukkan bagaimana langkah itu saling mengadakan interaksi satu sama lain.
Berdasarkan hasil analisis maka disimpulkan bahwa: waktu optimal pada kegiatan Pre Flight Services pada Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar belum sesuai dengan standar yang mengacu pada Surat Keputusan Dirjen Perhubungan Udara dimana waktu standar masih tinggi; waktu optimal yang dibutuhkan untuk proses Pre Flight Services yakni 20 menit 40 detik untuk waktu normal dan waktu standarnya 23 menit 37 detik; adapun upaya yang dilakukan untuk meminimalkan waktu proses pre flight diantaranya meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang bertugas, penambahan kapasitas bandara, membenari infrastruktur, perawatan secara berkala terhadap peralatan yang digunakan dan memaksimalkan pelayanan pada konter checkin terutama pada saat beban puncak.

Kata kunci: work standard, pre flight services, flow process chart, waktu normal, waktu standar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: work standard, pre flight services, flow process chart, normal time, standard time
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 05 Dec 2022 01:25
Last Modified: 05 Dec 2022 01:25
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23675

Actions (login required)

View Item
View Item