TINJAUAN HUKUM PENGANGKATAN DAN PEMBERHENTIAN ANGGOTA BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (Studi Kasus Desa Palakka Kecamatan Kahu Kabupaten Bone)


JAMIN, AWALUDDIN (2010) TINJAUAN HUKUM PENGANGKATAN DAN PEMBERHENTIAN ANGGOTA BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (Studi Kasus Desa Palakka Kecamatan Kahu Kabupaten Bone). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of full taxt] Text (full taxt)
A. AWALUDDIN JAMIN(B 111 04 925-2).pdf

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pengangkatan dan pemberhentian anggota Badan Permusyawaratan Desa Palakka, Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone, sarta untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pemberhentian dan pengangkatan anggota Badan Permusyawaratan Desa Palakka, Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone.
Lokasi penelitian di Desa Palakka. Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan mengumpulkan data primer dan data sekunder. Data tersebut kemudian disajikan dalam bentuk deskripsi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa(1) Perda Kabupaten Bone Nomor 3 Tahun 2009 Tentang Badan Perwakilan Desa tidak mengatur secara rinci dan kurang jelas tentang hal yang dapat dijadikan alasan memberhentikan anggota Badan Permusyawaratan Desa. (2) alasan pemberhentian Badan Permusyawaratan Desa Palakka Kecamatan Kahu Kabupaten Bone (A. Syamsuddin) tidak jelas dasar dan alasannya sebagaimana diatur dalam Perda Nomor 3 Tahun 2009. dan (3) penetapan A. Pihring sebagai anggota Pengganti Antar Waktu tidaksesuai dengan Perda Nomor 3 Tahun 2009 Pasal 17 Ayat 3. 4 dan 7, bahkan lebih cenderung pada pertimbangan dan alasan pribadi/ politis.
Diharapkan Perda Kabupaten Bone Nomor 3 Tahun 2009 Tentang Badan Peiwakilan Desa perlu lebih dirinci dan diperjelas terutama pada pasal tentang pengangkatan dan pemberhentian anggota Badan Permusyawaratan Desa Kemudian pemberhentian dan pengangkatan anggota Badan Permusyawaratan Desa semestinya didasarkan pada Perda Tahun 2007, bukan pertimbangan sentiment pribadi/ politis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 05 Dec 2022 01:24
Last Modified: 05 Dec 2022 01:24
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23674

Actions (login required)

View Item
View Item