Optimasi Rute Kunjungan Cluster Sales Officer (CSO) Menggunakan Ant Colony Optimization (ACO) (Studi Kasus: Indosat Ooredoo Hutchison Micro Cluster Mamuju) = Optimization of Cluster Sales Officer (CSO) Visit Routes Using Ant Colony Optimization (ACO) (Case Study: Indosat Ooredoo Hutchison Micro Cluster Mamuju)


Yaputera, Irwin (2022) Optimasi Rute Kunjungan Cluster Sales Officer (CSO) Menggunakan Ant Colony Optimization (ACO) (Studi Kasus: Indosat Ooredoo Hutchison Micro Cluster Mamuju) = Optimization of Cluster Sales Officer (CSO) Visit Routes Using Ant Colony Optimization (ACO) (Case Study: Indosat Ooredoo Hutchison Micro Cluster Mamuju). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D071181323_skripsi_12-10-2022 cover1.png

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D071181323_skripsi_12-10-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D071181323_skripsi_12-10-2022 dp.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D071181323_skripsi_12-10-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 November 2024.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Indosat Ooredoo Hutchison adalah sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang telekomunikasi. Perusahaan swasta ini memiliki dua alur bisnis untuk memperoleh keuntungannya, yaitu modern channel dan traditional channel. Kedua alur bisnis memiliki kebermanfaatannya masing-masing, dimana modern channel melakukan kegiatan bisnis melalui aplikasi dan media elektronik sedangkan traditional channel melakukan kegiatan bisnis melalui toko konvensional (outlets). Proses bisnis pada traditional channel dipengaruhi oleh performa dari salesman, dimana dalam perusahaan disebut dengan Cluster Sales Officer (CSO). CSO menentukan rute kunjungan outlets berdasarkan pengalaman sehingga rute kunjungannya belum optimal yang menyebabkan jarak dan waktu tempuh serta biaya masih belum efisien.

Penelitian ini dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan TSP (Travelling Salesman Problem) dengan menentukan rute kunjungan yang optimal menggunakan algoritma Ant Colony Optimization. Tujuannya untuk meminimalkan jarak dan waktu tempuh serta biaya. Data yang diperoleh adalah data koordinat dan urutan kunjungan CSO pada Rute I (Senin, Rabu dan Jumat) dan Rute II (Selasa, Kamis dan Sabtu). Berdasarkan data tersebut, peneliti kemudian menghitung jarak dan waktu tempuh serta biaya dikeluarkan pada rute awal CSO. Langkah selanjutnya adalah menghitung jarak dan waktu tempuh serta biaya yang dikeluarkan pada rute usulan dengan algoritma Ant Colony Optimization.

Hasil perhitungan menunjukkan bahwa dengan menggunakan algoritma Ant Colony Optimization, Rute I Usulan ACO yang memiliki total jarak yang ditempuh, waktu yang diperlukan serta biaya yang harus dikeluarkan diperoleh efisiensi sekitar 8% dari Rute I Awal CSO. Sedangkan untuk Rute II Usulan ACO yang memiliki total jarak yang ditempuh, waktu yang diperlukan serta biaya yang harus dikeluarkan diperoleh efisiensi sekitar 4% dari Rute II Awal CSO. Sehingga diperoleh efisiensi Rute Usulan ACO dalam sebulan sekitar 6% terhadap Rute Awal CSO.

Keywords : Perusahaan Telekomunikasi, Travelling Salesman Problem (TSP), Algoritma Ant Colony Optimization, Matlab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Telecommunication Company, Traveling Salesman Problem (TSP), Ant Colony Optimization Algorithm, Matlab
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 30 Nov 2022 01:03
Last Modified: 30 Nov 2022 01:03
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23650

Actions (login required)

View Item
View Item