PEMILIHAN ALTERNATIF STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN TOPSIS (Studi Kasus : PT. Indosat Tbk. Area Makassar) = SELECTING ALTERNATIVE MARKETING STRATEGIES TO INCREASE PRODUCT SALES WITH ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) AND TOPSIS METHODS (Case Study : PT. Indosat Tbk. Makassar Area)


Handayani, Helfrida (2022) PEMILIHAN ALTERNATIF STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN TOPSIS (Studi Kasus : PT. Indosat Tbk. Area Makassar) = SELECTING ALTERNATIVE MARKETING STRATEGIES TO INCREASE PRODUCT SALES WITH ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) AND TOPSIS METHODS (Case Study : PT. Indosat Tbk. Makassar Area). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D071181021_skripsi_09-08-2022 cover1.png

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D071181021_skripsi_09-08-2022 1-2.pdf

Download (706kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D071181021_skripsi_09-08-2022 dp.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D071181021_skripsi_09-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 November 2024.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Persaingan dunia bisnis yang semakin tinggi membuat perusahaan harus memikirkan strategi yang tepat untuk tetap bertahan di era digitalisasi ini. Penerapan konsep pemasaran suatu hal yang mendasar agar konsumen tidak beralih menggunakan produk pesaing yang lainnya. Namun, kenyataannya strategi pemasaran yang diterapkan masih belum cukup dan masih perlu strategi yang lebih spesifik dalam proses pemasaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis kondisi internal dan eksternal, posisi perusahaan, serta strategi pemasaran terbaik yang sesuai berdasarkan perhitungan nilai preferensi dari alternatif strategi. Metode yang digunakan dalam peneltian ini yaitu AHP-TOPSIS untuk menentukan strategi pemasaran terbaik, kemudian digunakan metode lain seperti SWOT dan SPACE sebagai pendukung dalam menentukan strategi pemasaran.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kondisi internal dan eksternal perusahaan berada pada kuadran SO yang berarti memperoleh keuntungan dari kekuatan internal dengan memanfaatkan peluang dari eksternal perusahaan. Selanjutnya berdasarkan matriks SPACE, perusahaan berada pada kuadran 1 (aggressive) yang berarti perusahaan memiliki posisi yang baik untuk mengatasi kelemahan internal dan menghindari ancaman eksternal. Kemudian berdasarkan metode AHP-TOPSIS, diperoleh nilai preferensi terbesar dengan nilai 0.59747 yang artinya strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh perusahaan dalam meningkatkan penjualan postpaid card yaitu dengan peningkatan pelayanan yang mencakup strategi pada metode SPACE seperti strategi penetrasi pasar, diversifikasi terkait, pengembangan pasar dan produk.

Keywords : Strategi Pemasaran, AHP, SWOT, SPACE, TOPSIS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Marketing Strategy, AHP, SWOT, SPACE, TOPSIS
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Nov 2022 08:14
Last Modified: 29 Nov 2022 08:14
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23642

Actions (login required)

View Item
View Item