IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI REKOMENDASI PAKET PROMO (Studi Kasus : Toko Ritel X) = IMPLEMENTATION OF DATA MINING FOR PATTERN ANAYLISIS CONSUMER PURCHASE IN INCREASING SALES PROMO PACKAGE THROUGH RECCOMENDATIONS (CASE STUDY : RETAIL STORE X)


Azzahra, Nurul Qolbi (2022) IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI REKOMENDASI PAKET PROMO (Studi Kasus : Toko Ritel X) = IMPLEMENTATION OF DATA MINING FOR PATTERN ANAYLISIS CONSUMER PURCHASE IN INCREASING SALES PROMO PACKAGE THROUGH RECCOMENDATIONS (CASE STUDY : RETAIL STORE X). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D071181010_skripsi_12-10-2022 cover1.png

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D071181010_skripsi_12-10-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D071181010_skripsi_12-10-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D071181010_skripsi_12-10-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 November 2024.

Download (9MB)

Abstract (Abstrak)

Data terus bertambah dalam basis data, namun kenyataannya sebagian besar data pada ritel digunakan untuk pembuatan laporan dan dibiarkan menumpuk tanpa dilakukan analisa. Melalui perkembangan teknologi database dengan jumlah yang banyak dapat diolah sehingga memperoleh informasi yang dapat dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan oleh perusahaan. Toko Ritel X merupakan salah satu ritel konveksi yang menerapkan metode konvensional dalam penentuan paket promo. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah menentukan pola pembelian konsumen, berdasarkan pola tersebut kemudian dibentuk rekomendasi paket promo untuk meningkatkan profit perusahaan. Metode yang digunakan adalah data mining dengan teknik association rule yang diolah menggunakan tools Algoritma FP-Growth. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan nilai minimum support 15% dan nilai minimum confidence 50% di peroleh empat rules yang memenuhi nilai tersebut yaitu jilbab segiempat dan jilbab ciput set, jilbab pet soya dan jilbab ciput set, jilbab pet soya dan jilbab topi set, dan jilbab topi soya dan jilbab ciput set.

Keywords : Strategi Pemasaran, Data Mining, Association Rule, dan Algoritma FP-Growth

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Marketing Strategy, Data Mining, Association Rule, Algoritma FP-Growth
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 30 Nov 2022 00:58
Last Modified: 30 Nov 2022 00:58
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23640

Actions (login required)

View Item
View Item