Muchtadin, Achmad (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TUMBUHAN LANGKA BERBASIS AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN UNITY 3D. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
H13115023_skripsi_02-09-2022 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
H13115023_skripsi_02-09-2022 cover1.jpg
Download (252kB) | Preview
H13115023_skripsi_02-09-2022 dapus.pdf
Download (883kB)
H13115023_skripsi_02-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Di era sekarang ini, banyak anak – anak maupun siswa yang kurang mengetahui tanaman langka bahkan tidak mengetahuinya sama sekali. Hal ini dapat disebabkan karena kurangnya minat belajar siswa diakibatkan proses belajar mengajar yang terkesan monoton dan kurang kreatif sehingga para siswa menjadi jenuh dan bosan. Solusi dari permasalahan tersebut yaitu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dengan menggunakan teknologi AR (Augmented reality) sebagai sarana pembelajaran. Dalam penelitian ini dikembangkan suatu aplikasi yang dapat memvisualisasikan bentuk tanaman langka menjadi objek 3D virtual yang akan muncul ketika pengguna melakukan scan terhadap gambar (marker) yang disediakan. Untuk membuat model 3D dari tanaman langka, digunakan software blender 3D. hasil dari permodelan ini kemudian di impor kedalam software unity 3D untuk selanjutnya dibuat interface aplikasinya. Data marker yang digunakan terlebih dahulu disimpan kedalam database vuvoria yang diintegrasikan kedalam aplikasi yang dibuat menggunakan unity 3D. Dari hasil dan pengujian, berhasil diperoleh hasil berupa sebuah aplikasi yang dapat menampilkan model objek tanaman langka dalam bentuk 3D ketika marker di-scan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tanaman Langka, Augmented Reality, blender 3D, unity 3D, Vuforia |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Ilmu Komputer |
Depositing User: | Andi Milu |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 06:34 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 06:34 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23596 |