SIFAT KETEKNIKAN BATUAN BAWAH PERMUKAAN BENDUNGAN PAMUKKULU KECAMATAN POLONGBANGKENG UTARA KABUPATEN TAKALAR PROVINSI SULAWESI SELATAN = ENGINEERING PROPERTIES OF THE SUBSURFACE ROCK OF PAMUKKULU DAM, POLONGBANGKENG UTARA DISTRICT, TAKALAR REGENCY, SOUTH SULAWESI PROVINCE


Yusril, Andi Muhammad (2022) SIFAT KETEKNIKAN BATUAN BAWAH PERMUKAAN BENDUNGAN PAMUKKULU KECAMATAN POLONGBANGKENG UTARA KABUPATEN TAKALAR PROVINSI SULAWESI SELATAN = ENGINEERING PROPERTIES OF THE SUBSURFACE ROCK OF PAMUKKULU DAM, POLONGBANGKENG UTARA DISTRICT, TAKALAR REGENCY, SOUTH SULAWESI PROVINCE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D61116009_skripsi_10-08-2022 cover1.png

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D61116009_skripsi_10-08-2022 1-2.pdf

Download (656kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D61116009_skripsi_10-08-2022 dp.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D61116009_skripsi_10-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 November 2024.

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Bendungan Pamukkulu sedang dibangun di daerah Desa Kale Ko’mara, Kecamatan Polombangkeng Utara, Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan. Lokasi bendungan masuk dalam Formasi Batuan Gunungapi Baturape-Cindako (Tpbv) yang disusun oleh litologi lava dan breksi serta retas-retas basal. Kondisi batuan penyusun batuan vulkanik ini memiliki karakteristik geoteknik yang kurang baik seperti pelapukan, pengaruh air tanah berdasarkan permeabilitas batuan dan kekar. Berdasarkan kondisi geoteknik tersebut, maka diperlukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui sifat keteknikan batuan bawah permukaan fondasi bendungan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengeboran inti dan pengambilan sampel batuan untuk pengujian laboratorium dalam menganalisis kondisi geologi teknik batuan bawah permukaan area as dam dan as plinth.
Berdasarkan penyelidikan geologi teknik, batuan bawah permukaan area bendungan disusun oleh litologi breksi vulkanik dan basalt dengan kelas batuan berkisar dari D hingga CH. Berdasarkan nilai Rock Quality Designation (RQD), kualitas batuan bawah permukaan berkisar antara kualitas batuan sangat jelek hingga baik yang selaras dengan kondisi kelas batuan dan kekar pada batuan. Nilai lugeon batuan as dam memiliki rentang 0.93 hingga 2.42 sementara nilai lugeon batuan area as plinth dominan lebih dari 3. Batuan utuh memiliki nilai uniaxial compressive strength (UCS) sebesar 79,05 MPa untuk batuan basalt dan sebesar 51,91 MPa untuk batuan breksi vulkanik. Rekomendasi dalam pembangunan bendungan yaitu perlu dilakukan penggalian hingga kedalaman batuan dengan kelas batuan CH serta kualitas batuan sedang hingga sangat jelek berdasarkan RQD, pada area plinth perlu dilakukan grouting, serta kuat tekan beton pada perbaikan plinth harus sama atau lebih dari kuat tekan batuan.

Keywords : Bendungan Pamukkulu, Geologi Teknik, Pengeboran Inti, Lugeon Test

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pamukkulu Dam, Engineering Geology, Core Drilling, Lugeon Test
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Geologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Nov 2022 08:09
Last Modified: 25 Nov 2022 08:09
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23587

Actions (login required)

View Item
View Item