POTENSI PENGGUNAAN SEPEDA SEBAGAI MODA RAMAH LINGKUNGAN UNTUK PERJALANAN SEKOLAH DI KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR = POTENTIAL USE OF BICYCLES AS AN ENVIRONMENTAL FRIENDLY MODE FOR SCHOOL TRAVEL IN TAMALATE DISTRICT, MAKASSAR CITY


Fajar Z.r., Muhammad (2022) POTENSI PENGGUNAAN SEPEDA SEBAGAI MODA RAMAH LINGKUNGAN UNTUK PERJALANAN SEKOLAH DI KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR = POTENTIAL USE OF BICYCLES AS AN ENVIRONMENTAL FRIENDLY MODE FOR SCHOOL TRAVEL IN TAMALATE DISTRICT, MAKASSAR CITY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D52115506_skripsi_01-07-2022 covver1.png

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D52115506_skripsi_01-07-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D52115506_skripsi_01-07-2022 dp.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D52115506_skripsi_01-07-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 November 2024.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Rendahnya budaya disiplin berlalu lintas serta kurangnya pemahaman pengguna jalan terhadap peraturan perundangan di bidang lalu lintas menyebabkan tingginya tingkat kemacetan dan juga angka kecelakaan lalu lintas yang mayoritas melibatkan anak usia Sekolah Menengah Atas. Salah satu solusi alternatif untuk memecahkan masalah tersebut dengan mengusung penggunaan sepeda sebagai alat transportasi utama khususnya bagi pelajar. Sebelum melakukan studi kelayakan, perlu diidentifikasi minat dan potensi penggunaan sepeda di kalangan pelajar. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi minat pelajar untuk menggunakan sepeda ke sekolah serta menganalisis potensi ketertarikan pelajar di Kecamatan Tamalate untuk menggunakan sepeda ke sekolah jika jalur sepeda diadakan oleh pemerintah. Kecamatan Tamalate dipilih sebagai lokus penelitian sebab titik-titik sekolah yang tersebar di seluruh wilayah kecamatan mayoritas terletak atau bersinggungan langsung dengan kawasan permukiman. Analisis komparatif digunakan dalam membandingkan pendapat ahli atau lembaga terkait faktor-faktor yang mempengaruhi individu untuk memilih sepeda sebagai alat transportasi dari hasil studi literatur. Faktor-faktor hasil analisis komparatif dan hasil analisis dari model pemilihan moda kemudian disandingkan dengan yang data primer hasil observasi secara langsung maupun menggunakan metode penginderaan jauh, juga data non fisik yang diperoleh dari hasil survey kuesioner terhadap 100 pelajar di Kecamatan Tamalate, sehingga dapat diidentifikasi potensi ketertarikan pelajar untuk menggunakan sepeda sebagai alat transportasi ke sekolah.

Keywords : Alternatif Transportasi, Potensi Penggunaan Sepeda, Pelajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Alternative Transportation, Potential Use of Bicycles, Students
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Perencanaan dan Pengembangan Wilayah
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Nov 2022 02:25
Last Modified: 25 Nov 2022 02:25
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23552

Actions (login required)

View Item
View Item