PENGARUH KARAKTERISTIK PERABOT KANTOR TERHADAP KENYAMANAN ANTROPOMETRI PENGGUNA (Kasus: Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Mamuju) = THE EFFECT OF OFFICE FURNITURE CHARACTERISTICS ON USER ANTHROPOMETRY COMFORT (Case: Department of Environment and Hygiene, Mamuju Regency)


Ayu, Aprilyh Tenri (2022) PENGARUH KARAKTERISTIK PERABOT KANTOR TERHADAP KENYAMANAN ANTROPOMETRI PENGGUNA (Kasus: Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Mamuju) = THE EFFECT OF OFFICE FURNITURE CHARACTERISTICS ON USER ANTHROPOMETRY COMFORT (Case: Department of Environment and Hygiene, Mamuju Regency). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D51115518_skripsi_02-08-2022 cover1.png

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D51115518_skripsi_02-08-2022 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D51115518_skripsi_02-08-2022 dp.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D51115518_skripsi_02-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 November 2024.

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Pemilihan perabot dan penataan perabot dalam sebuah ruang harus memberikan kenyamanan bagi penggunanya, termasuk pada ruang kerja kantor. Kenyamanan ruang kerja dapat diwujudkan dengan memperhatikan pemilihan dan penataan perabot sesuai dengan kebutuhan kerja. Data antropometri dibutuhkan untuk perancangan sistem kerja yang baik. Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Mamuju merupakan unsur pelaksana urusan pemerintahan dibidang lingkungan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kenyamanan pengguna terhadap perabot Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan dan mengidentifikasi pengaruh elemen perabot dan pola penataan perabot terhadap tingkat kenyamanan pengguna. Pengambilan data dilakukan dengan media observasi, kusioner, dan wawancara oleh peneliti. Setiap butir pertanyaan pada kuesioner telah diuji kualitasnya melalui uji validitas, reliabilitas dan normalitas. Adapun untuk menganalisis pengaruh dan keterikatan variabel, metode yang digunakan peneliti adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan nilai persentase tingkat kenyamanan didominasi dengan kategori nyaman bagi pengguna. Elemen perabot dan pola penataan perabot terbukti berpengaruh terhadap tingkat kenyamanan pengguna kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan.

Keywords : Arsitektur Interior, Tingkat Kenyamanan, Karakteristik Perabot, Antropometri, Kantor Pemerintah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Architecture Interior, Level of Comfort, Furniture Characteristic, Anthropometry, Goverment Office
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Nov 2022 01:49
Last Modified: 25 Nov 2022 01:49
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23515

Actions (login required)

View Item
View Item