PERANCANGAN LANSKAP AGROWISATA SANGGAR SUKA TANI KELUARAHAN MACANANG KECAMATAN MAJAULENG KABUPATEN WAJO SULAWESI SELATAN


Nurhidayah, Fajriah (2022) PERANCANGAN LANSKAP AGROWISATA SANGGAR SUKA TANI KELUARAHAN MACANANG KECAMATAN MAJAULENG KABUPATEN WAJO SULAWESI SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of full text] Text (full text)
G11116329_skripsi.pdf

Download (8MB)

Abstract (Abstrak)

Abstrak

FAJRIAH NURHIDAYAH (G11116329), Perancangan Lanskap Agrowisata Sanggar Suka Tani Kelurahan Macanang Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan. Dibimbing oleh HARI ISWOYO dan KATRIANI MANTJA.

Agrowisata adalah salah satu inovasi dalam sektor pertanian yang menawarkan konsep wisata alam. Salah satu daerah pengembangan agrowisata terdapat di Kelurahan Macanang, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan yang dimiliki oleh Kelompok Sanggar Suka Tani. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Konsep Perancangan Agrowisata Sanggar Suka Tani sebagai informasi yang menjadi pertimbangan bagi Kelompok Sanggar Suka Tani dan Pemerintah Kabupaten Wajo untuk mendukung perkembangan pertanian berbasis pariwisata. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk survei lapang untuk menghasilkan desain dengan metode Gold (1980) yang berlangsung mulai bulan Maret hingga Juni 2020. Pelaksanaan dilakukan mulai pengumpulan data primer dan sekunder berupa observasi, kuisioner, wawancara dan studi pustaka. Tahapan penelitian dimulai dari persiapan, inventarisasi, analisis, sintesis, konsep, perencanaan hingga perancangan. Hasil dari penelitian ini menghasilkan konsep dasar dan konsep pengembangan terdiri atas konsep tata ruang, konsep tata hijau, konsep sirkulasi dan aktivitas wisata termasuk fasilitas dan utilitas. Pembagian zona ruang terdiri zona pembibitan dan konservasi yaitu 11,32 Ha, zona penyambutan yaitu 0,23 Ha dan zona Pengembangan Rekreasi yaitu 4,43 Ha.. Pengembangan menjadi area agrowisata didukung dengan dengan menawarkan produk khas daerah hingga fasilitas pendukung untuk meningkatkan daya tarik agrowisata yang akan dikembangkan. Pengelolaan akan dilakukan oleh Kelompok Sanggar Suka Tani dengan melibatkan masyarakat sekitar dan kerjasama pemerintah setempat. Diharapkan Agrowisata Sanggar Suka Tani dapat berkembang dengan baik dan hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan untuk pengembangan kawasan ini sebagai kawasan agrowisata yang fungsional dan estetik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agroteknologi
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 23 Nov 2022 02:18
Last Modified: 23 Nov 2022 02:18
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23481

Actions (login required)

View Item
View Item