Estetika Bentuk Arsitektural Rumah Adat Saoraja Langkanae di Palopo = Aesthetics of The Architectural Form of The Traditional House (Saoraja) Langkanae in Palopo


Karnelia, Tari (2022) Estetika Bentuk Arsitektural Rumah Adat Saoraja Langkanae di Palopo = Aesthetics of The Architectural Form of The Traditional House (Saoraja) Langkanae in Palopo. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D51115024_skripsi_02-08-2022 cover1.png

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D51115024_skripsi_02-08-2022 1-2.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D51115024_skripsi_02-08-2022 dp.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D51115024_skripsi_02-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 November 2024.

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Salah satu dari arsitektur tradisional di Indonesia yang memiliki nilai nilai kearifan lokal yaitu rumah–rumah adat yang tersebar di berbagai daerah di nusantara. Salah satu daerah yang memiliki berbagai ragam budaya adat istiadat adalah Sulawesi Selatan yang mana di daerah ini pernah berdiri kerajaan tertua yaitu Kerajaan Luwu. Di Istana Luwu terdapat dua bangunan, yaitu Langkanae dan salassae’. Langkanae adalah sebutan lain dari Istana. Langkanae ini dijadikan cagar budaya buatan Belanda untuk menggantikan Langkanae yang dulu. Belanda membangunnya untuk kedatuan ketika Langkanae terbakar. Sedangkan Salassae’ adalah tempat pertemuan atau perjamuan para tamu-tamu Istana Rumah Adat Langkanae yang artinya Istana. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik bentuk dari Rumah Adat Langkanae dan Estetika bentuk arsitektural dari Rumah Adat Langkanae. Pengambilan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah Estetika bentuk dari rumah adat Langkanae sedangkan unit analisisnya adalah rumah adat Langkanae. Sumber data pada penelitian ini yaitu rumah adat Lagkanae dan dokumen foto dari subjek penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mencakup transkrip hasil wawancara, reduksi data, analisis, interpretasi data, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk rumah adat (Saoraja) Langkanae Luwu tersusun dari tiga tingkatan yang berbentuk “segi empat”, atau disebut Sulapa’ eppa’ yang berbentuk belah ketupat. Pada Langkanae ada beberapa bagian yang mempunyai makna yang sangat penting dari bentuk rumahnya yaitu terdiri atas tiga bagian (rakkeang/palandoang, ale bola dan awa bola/kolong).

Keywords : Estetika, Langkanae, Tradisional, Luwu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aesthetics, Langkanae, Traditional, Luwu
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Nov 2022 01:09
Last Modified: 25 Nov 2022 01:09
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23467

Actions (login required)

View Item
View Item