Pengaruh Aktivitas Antropogenik terhadap Kualitas Perairan dengan Indikator Makrozoobentos di Kecamatan Tanete Riattang Timur, Kabupaten Bone


Nurhasanah, Nurhasanah (2022) Pengaruh Aktivitas Antropogenik terhadap Kualitas Perairan dengan Indikator Makrozoobentos di Kecamatan Tanete Riattang Timur, Kabupaten Bone. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
L011181328_skripsi_01-09-2022 bab 1-2.pdf

Download (554kB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L011181328_skripsi_01-09-2022 cover1.jpg

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
L011181328_skripsi_01-09-2022 dapus.pdf

Download (400kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
L011181328_skripsi_01-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi perairan dan menganalisis pengaruh parameter lingkungan terhadap kepadatan makrozoobentos. Kegunaan dari penelitian ini diharapkan mampu memberikan informasi mengenai kondisi perairan Kecamatan Tanete Riattang Timur terkait dengan aktivitas antropogenik. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone pada bulan April sampai Juli 2022. Pengamatan yang dilakukan pada penelitian ini terdiri dari identifikasi makrozoobentos, indeks ekologi, dan parameter lingkungan seperti suhu, salinitas, Derajat Keasaman (pH), kekeruhan, kecepatan arus, Oksigen Terlarut (DO), Bahan Organik Total (BOT) dan tekstur sedimen. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan rumus sedangkan analisis data dalam penelitian ini parameter lingkungan dibandingkan dengan baku mutu air laut, kepadatan makrozoobentos menggunakan analisis ANOVA, dan hubungan antara parameter lingkungan dengan kepadatan makrozoobentos dengan menggunakan analisis Principal Component Analysis (PCA). Hasil yang diperoleh adalah ditemukan 27 spesies makrozoobentos yang paling mendominasi di daerah industri kapal, pelabuhan, tempat pelelangan ikan, dan tambak dari kelas Gastropoda sedangkan tempat wisata yang mendominasi dari kelas Ophiuroidea. Parameter lingkungan yang berada dibawah baku mutu air laut adalah parameter oksigen terlarut pada tempat pelelangan ikan, tambak dan tempat wisata sedangkan parameter lingkungan yang melewati baku mutu air laut adalah kekeruhan pada daerah tambak. Kepadatan makrozoobentos menunjukkan hubungan dengan beberapa parameter lingkungan yaitu suhu, arus, pH, dan oksigen terlarut ditandai dengan nilai yang tinggi disertai dengan kekeruhan yang rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: makrozoobentos, parameter kualitas perairan, dan aktivitas antropogenik
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Ilmu Kelautan
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 24 Nov 2022 01:30
Last Modified: 24 Nov 2022 01:30
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23446

Actions (login required)

View Item
View Item