EVALUASI PURNA HUNI TAMAN KOTA UNIVERSITAS HASANUDDIN = POST OCCUPANCY EVALUATION OF HASANUDDIN UNIVERSITY URBAN PARK


Etiwu, Etiwu (2022) EVALUASI PURNA HUNI TAMAN KOTA UNIVERSITAS HASANUDDIN = POST OCCUPANCY EVALUATION OF HASANUDDIN UNIVERSITY URBAN PARK. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D042201010_tesis_09-08-2022 cover1.png

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D042201010_tesis_09-08-2022 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D042201010_tesis_09-08-2022 dp.pdf

Download (487kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D042201010_tesis_09-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 November 2024.

Download (8MB)

Abstract (Abstrak)

ETIWU. EVALUASI PURNA HUNI TAMAN KOTA UNIVERSITAS HASANUDDIN, (dibimbing oleh Abdul Mufti Radja dan Afifah Harisah)
Taman Kota merupakan salah satu ruang terbuka publik yang berperan dalam menjaga kelestarian lingkungan di tengah perkotaan. Keberhasilan suatu ruang terbuka publik dipengaruhi oleh kriteria–kriteria ideal seperti interaksi sosial yang terjadi, aktivitas yang terjadi, tempat yang aksesibel, serta tempat yang nyaman dan menarik untuk dikunjungi. Taman Kota Universitas Hasanuddin menjadi salah satu taman kota dan dikenal sebagai paru–paru Kota Makassar. Evaluasi purna huni Taman Kota Universitas Hasanuddin dilakukan berdasarkan kriteria ideal ruang terbuka publik menurut Kathleen Madden dan Project for Public Space yaitu (a) Sociability; (b) Uses and Activities; (c) Access and Linkages; serta (d) Comfort and Image. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi kondisi Taman Kota Universitas Hasanuddin berdasarkan kriteria ideal ruang terbuka publik menurut Madden dan Project for Public Space; (2) Menjelaskan pengaruh perilaku pengunjung dengan kondisi Taman Kota Universitas Hasanuddin. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan paradigma rasionalisme. Penelitian ini menggunakan metode analisis desktriptif dan metode analisis pemetaan perilaku (place centered mapping), teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi data yang terdiri atas pengamatan, wawancara, dan data sekunder. Hasil temuan dan pembahasan menunjukkan bahwa kondisi Taman Kota Universitas Hasanuddin berdasarkan kriteria ideal ruang terbuka publik menurut Madden dan Project for Public Space, beberapa aspek intangibles dan aspek measurements belum sesuai kriteria. Perilaku pengunjung yang terjadi pada taman kota dipengaruhi oleh kondisi fasilitas dan atribut taman yang ada seperti perilaku berparkir pengunjung, perilaku kebersihan lingkungan pengunjung dan perilaku kewaspadaan pengunjung.

Keywords : Kriteria ideal ruang terbuka publik, evaluasi purna huni, taman kota, perilaku pengunjung

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Ideal criteria for public open space, evaluation of post-occupancy, urban parks, visitor behavior
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 24 Nov 2022 01:25
Last Modified: 24 Nov 2022 01:25
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23443

Actions (login required)

View Item
View Item