Aplikasi Chatbot Informasi Departemen Teknik Informatika Universitas Hasanuddin = Chatbot application for Information of Informatics Engineering Department of Hasanuddin University


Wanda, Beatrix (2022) Aplikasi Chatbot Informasi Departemen Teknik Informatika Universitas Hasanuddin = Chatbot application for Information of Informatics Engineering Department of Hasanuddin University. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D42115017_skripsi_10-10-2022 cover1.png

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D42115017_skripsi_10-10-2022 1-2.pdf

Download (866kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D42115017_skripsi_10-10-2022 dp.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D42115017_skripsi_10-10-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 November 2024.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Chatbot adalah suatu aplikasi yang dirancang untuk berkomunikasi dengan mesin. Komunikasi ini membantu user dalam mencari sebuah informasi. Informasi yang diberikan bermacam-macam, seperti tentang akademik. Chatbot yang dibangun ini dikhususkan untuk sebuah informasi yang melingkupi departemen Teknik Informatika Universitas Hasanuddin. Chatbot ini dibangun dengan menggunakan metode pembobotan TF -IDF. Metode Term Frequency Inverse Document Frequency (TF-IDF) merupakan metode pembobotan dalam bentuk integrasi antar term frequency dengan inverse document frequency. Term frequency yaitu jumlah kemunculan sebuah term pada sebuah dokumen. Inverse Document Frequency yaitu pengurangan dominasi term yang sering muncul di berbagai dokumen, dengan memperhitungkan kebalikan frekuensi dokumen yang mengandung suatu kata. Metode TF-IDF digunakan pada penelitian ini untuk memilih pertanyaan mana di database yang paling cocok dengan pertanyaan yang diinput oleh user dengan mencari bobot tertinggi. Dari hasil penelitian dilakukan pengujian akurasi jawaban sistem dengan teks inputan userdan didapatkan persentase keakuratan jawaban sebesar 93%. Dilakukan juga pengujian dari sisi user acceptance dan diperoleh hasil sebesar 94.4%

Keywords : Informasi, Chatbot, blackbox testing, user aacceptance, TF – IDF

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Information, Chatbot, black box testing, user acceptance, TF – IDF
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 23 Nov 2022 01:26
Last Modified: 23 Nov 2022 01:26
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23385

Actions (login required)

View Item
View Item