Analisis Hukum Pelaksanaan Tugas Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Dalam Pemberian Izin Edar Obat Tradisional


Rahayu, Mutiara (2019) Analisis Hukum Pelaksanaan Tugas Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Dalam Pemberian Izin Edar Obat Tradisional. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of 19_B12115510(FILEminimizer).pdf] Text
19_B12115510(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisispelaksanaan tugas Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dalamPemberian Izin Edar Obat Tradisional; dan Mengetahui faktor penghambatpelaksanaan tugas Badan Pengawas Obat dan Makan (BPOM) dalamPemberian Izin Edar Obat Tradisional.
Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitianempiris, yaitu suatu metode penelitian hukum yang berfungsi untuk melihatketentuan-ketentuan hukum secara nyata. Berlokasi di Badan Pengawas Obatdan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) dan Balai Besar Pengawas Obatdan Makanan (BBPOM) Kota Makassar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan Tugas BadanPengawas Obat dan Makanan (BPOM) dalam Pemberian Izin Edar ObatTradisional belum berjalan optimal mengingat masih banyaknya peredaranobat tradisional yang tidak memiliki izin edar. (2) faktor penghambatPelaksanaan Tugas Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dalamPemberian Izin Edar Obat Tradisional yaitu pelaku usaha yang tidak melengkapi persyaratan dokumen dari BPOM sehingga akibatnya pemberianizin edar tertunda. Kurangnya kejelasan tentang tugas BPOM yang termuatdalam Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2017 tentang Badan PengawasObat dan Makanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with username erwiyanti
Date Deposited: 16 Nov 2022 06:33
Last Modified: 16 Nov 2022 06:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23303

Actions (login required)

View Item
View Item