STUDI TAHANAN KAPAL PLANNING HULL AKIBAT PENGARUH DEADRISE 10 DERAJAT DAN STEPPED 2U MENGGUNAKAN AUTODESK CFD = STUDY OF RESISTANCE OF PLANNING HULL SHIP DUE TO THE EFFECT OF 10 DEADRISE AND STEPPED 2U USING AUTODESK CFD


Destiana, Destiana (2022) STUDI TAHANAN KAPAL PLANNING HULL AKIBAT PENGARUH DEADRISE 10 DERAJAT DAN STEPPED 2U MENGGUNAKAN AUTODESK CFD = STUDY OF RESISTANCE OF PLANNING HULL SHIP DUE TO THE EFFECT OF 10 DEADRISE AND STEPPED 2U USING AUTODESK CFD. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D031171514_skripsi_27-09-2022 cover1.png

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D031171514_skripsi_27-09-2022 1-2.pdf

Download (858kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D031171514_skripsi_27-09-2022 dp.pdf

Download (770kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D031171514_skripsi_27-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 November 2024.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Destiana / D031171514. ” STUDI TAHANAN KAPAL PLANNING HULL AKIBAT PENGARUH DEADRISE 10 DERAJAT DAN STEPPED 2U MENGGUNAKAN AUTODESK CFD”. (Dibimbing oleh Prof. Ir. Mansyur Hasbullah M. Eng. Dan Ir. Hj. Rosmani, M.T)
Kapal memiliki beragam bentuk untuk memenuhi estetika maupun kebutuhan.Khususnya dalam perancangan kapal berkecepatan tinggi, berbagai alternatif digunakan pada lambung dan salah satunya adalah lambung berundak. lambung yang direncanakan atau speedboat bentuk . Stepped Hull juga bertujuan untuk mengurangi jumlah permukaan lambung yang terendam air. Secara umum, stepping hulls dapat meningkatkan kecepatan sekitar 10-15% sehingga pada prinsipnya hull rank , penambahan step dapat mengurangi permukaan basah dari kapal karena adanya turbulensi di bawah hull dan akan meningkatkan gaya tekan . ke atas kapal (lift) Pada penelitian ini desain yang digunakan memiliki bentuk anak tangga 2U. digunakan, nomor langkah dimodelkan sebagai satu, dua dan tiga langkah. Metode yang digunakan pada dalam penelitian ini adalah metode numerik dengan menggunakan software Maxurf Modeller dan Rhinoceros 6 untuk pemodelan dan Autodesk CFD (Computational Fluid Dynamic) untuk menganalisis nilai tahanan kapal. Dengan hasil kekuatan kapal menggunakan Autodesk CFD, Perbandingan nilai tahanan model dua stepped 2U 70.90% lebih kecil di banding tahanan model satu stepped. Adapun tahanan model tiga stepped 76.70% lebih kecil dibanding tahanan model satu dan dua stepped.

Kata Kunci: Semi Planing Hull, Stepped, Trim Kapal, Tahanan Kapal, Metode Numerik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Semi Planing Hull, Stepped, Ship Trim, Ship Resistance, Numerical Method
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Nov 2022 06:45
Last Modified: 16 Nov 2022 06:45
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23300

Actions (login required)

View Item
View Item