Aziz, La Ode Abdurrahman (2022) INVESTIGASI SECARA EKSPERIMEN PENGARUH DEADRISE ANGLE 10° DAN STEPPED HULL BERBENTUK V TERHADAP TAHANAN KAPAL CEPAT = EXPERIMENTAL RESISTANCE INVESTIGATION ON A PLANING HULL SHIP WITH A DEADRISE ANGLE OF 10 DEGREES AND A STEPPED V SHAPE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D031171023_skripsi_15-06-2022 cover1.png
Download (83kB) | Preview
D031171023_skripsi_15-06-2022 1-2.pdf
Download (1MB)
D031171023_skripsi_15-06-2022 dp.pdf
Download (1MB)
D031171023_skripsi_15-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 November 2024.
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Laode Abdurrahman Aziz/D031171023. ”INVESTIGASI TAHANAN SECARA EKSPERIMEN KAPAL PLANING HULL DENGAN DEADRISE ANGLE 10 DERAJAT DAN BENTUK STEPPED V”.
(Dibimbing oleh Dr. Eng. Suandar Baso ST.MT. dan Andi Dian Eka Anggriani, ST.,MT)
Perkembangan kapal cepat saat ini mendorong terjadinya berbagai modifikasi serta inovasi desain guna mendapatkan peforma kapal cepat sesuai yang diinginkan saat berlayar. Modifikasi lambung atau Hull menjadi salah satu inovasi pada kapal cepat guna memenuhi kebutuhan tersebut. Deadrise angle dan penambahan stepped merupakan inovasi yang menggunakan prinsip dasar dari penggunaan stepped untuk mengurangi luas permukaan basah (wetted surface area) akibat turbulensi bagian bawah badan kapal. Variasi deadrise angle yang digunakan adalah 10 derajat berbentuk desain Stepped V. Adapun jumlah Stepped yang digunakan 1,2 dan 3 Stepped. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh deadrise angle terhadap nilai tahanan model kapal Deadrise Angel 10 dengan bentuk Stepped V pada setiap kondisi trim berdasarkan analisis sofware maxsurf . Penelitian ini dilaksanakan melalui eksperimen yang dilakukan di Laboratorium Hidrodinamika kapal untuk mendapatkan kecepatan dan derajat trim model. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat diketahui bagaimana pengaruh kenaikan trim dan hubungannya dengan tahanan model kapal dengan menggunakan deadrise Angel 10 Stepped V pada setiap kecepatan yang berbeda. Berdasarkan analisa tahanan pada lambung deadrise angle 10 derajat Stepped V diperoleh nilai tahanan total kapal menurun seiring penambahan jumlah Stepped dan nilai tahanan total akan meningkat seiring dengan penambahan kecepatan, peningkatan kondisi trim kapal. Adapun persentase perbandingan nilai tahanan terhadap kecepatan antara tiap jumlah stepped yakni 62.80 %, 47.83 % 49.01 %. Lalu nilai persentase perbandingan tahanan dan Froude Number Volume yakni 76.06%, 65.49%, 53.39%, 48.8% dan 48.77%.
Keywords : Planing Hull, Stepped, Deadrise Angle , Trim, Eksperimen, Tahanan, Software Maxsurf.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Planing Hull, Stepped, Deadrise Angle , Trim, Experiment, Resistance, Maxsurf Software |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 16 Nov 2022 04:59 |
Last Modified: | 16 Nov 2022 04:59 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23291 |