PEMERIKSAAN FARMAKOGNOSTIK DAN USAHA SKRINING KOMPONEN KIMIA SECARA KROMATOGRAFI LAPIS TIPIS DAUN URIO (Ficus adenosperma Miq.) ASAL TANA TORAJA


HERICE, HERICE (1993) PEMERIKSAAN FARMAKOGNOSTIK DAN USAHA SKRINING KOMPONEN KIMIA SECARA KROMATOGRAFI LAPIS TIPIS DAUN URIO (Ficus adenosperma Miq.) ASAL TANA TORAJA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
HERICE.pdf

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Telah dilakukan penelitian farmakognostik dan skrining komponen kimia secara kromatografi lapis tipis daun urio (Ficus adenosperma Miq.) asal Tana Toraja. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data farmakognostik guna pengembangan obat tradisional.

Penelitian ini meliputi pemeriksaan morfologi dan anatomi tumbuhan urio, penetapan kadar abu dan kadar sari pemeriksaan kandungan kimia secara kimia kualitatif dan skrining komponen kimia secara kromatografi lapis tipis.

Dari hasil pemeriksaan anatomi ditemukan kristal kalsium oksalat bentuk bintang, berkas pengangkut tipe kolateral pada akar dan batang. Pada daun ditemukan stomata tipe anomositik, sisik kelenjar dan cystolit. Pada pemeriksaan organoleptis diperoleh akar warna cokiat tua, tidak berbau dan tidak berasa. Batang warna coklat hijau,tidak berbau dan rasa agak pahit. Daun warna hijau, tidak berbau dan rasa agak pahit, buah berwarna hijau, tidak berbau dan rasa agak pahit.

Dari hasil pemeriksaan kadar abu dan kadar sari diperoleh kadar abu tinggi pada daun yaitu 16,38 % pada batang 11,030 % pada akar 6,57 % kadar abu yang larut dalam air; pada daun 2,6%, 1,89% pada akar dan pada batang 0,84 %. Kadar abu yang tidak larut dalam asam diperoleh 1,69% pada daun, 1,26% pada batang dan 0,35% pada akar. Pada penetapan kadar sari dengan penyari air diperoleh 11,52% pada daun, 7,11% pada akar dan 4,01% pada batang. Dengan penyari etanol diperoleh 3,39% pada daun, 2,38% pada batang dan 1,23% pada akar.

Reaksi identifikasi kimia kualitatif ditemukan adanya alkaloid, tanin dan dioksiantrakinon.

Hasil skrining komponen kimia secara kromatografi lapis tipis diperoleh senyawa nonpolar lebih banyak dari senyawa polar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions (Program Studi): Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 16 Nov 2022 02:18
Last Modified: 16 Nov 2022 02:18
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23277

Actions (login required)

View Item
View Item