ANALISIS KINERJA BONGKAR MUAT GENERAL CARGO DI PELABUHAN CAPPA UJUNG PAREPARE = PERFORMANCE ANALYSIS OF GENERAL CARGO UNLOADING and LOADING at CAPPA UJUNG PAREPARE PORT


Nurhidayah, Nurhidayah (2022) ANALISIS KINERJA BONGKAR MUAT GENERAL CARGO DI PELABUHAN CAPPA UJUNG PAREPARE = PERFORMANCE ANALYSIS OF GENERAL CARGO UNLOADING and LOADING at CAPPA UJUNG PAREPARE PORT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D031171008_skripsi_cover1.jpg

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D031171008_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D031171008_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D031171008_skripsi_14-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 November 2024.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Nurhidayah.2022. “Analisis Kinerja Bongkar Muat General Cargo di Pelabuhan Parepare”. dibawah bimbingan Dr. Ir. Hj. Misliah MS. Tr dan iDr. iAndi iSitti iChaerunnisa iM, iST., iMT.
Pelabuhan Parepare merupakan pelabuhan konvensional yang melayani barang umum. Kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Parepare khususnya di Pelabuhan Cappa Ujung menggunakan system truck lossing dimana truk melakukan pembongkaran dan pemuatan langsung ke kapal dan begitu juga sebaliknya. Fasilitas bongkar muat di pelabuhan sangat terbatas yang dimana hanya terdapat dermaga dan tidak memiliki alat bongkar muat yang membuat proses bongkar muat barang di Pelabuhan Cappa Ujung Parepare menjadi lebih lama dan terlambat, sehingga kinerja pelayanan bongkar muat tidak tercapai Penelitian ini bertujuan untuk menentukan capaian kinerja pelayanan bongkar muat dan mengidentifikasi faktor – faktor yang mempengaruhi kinerja bongkar muatdi Pelabuhan Cappa Ujung Parepare. Kinerja bongkar muat ditentukan dengan menggunakan produktivitas T/G/J dengan metode perhitungan kinerja berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor : Hk 103/2/2/Djpl-17 tentang Pedoman Perhitungan Kinerja Pelayanan Operasional, serta diagram cause and effect untuk mengidentifikasi faktor – faktor yang mempengaruhi kinerja bongkar muat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja bongkar muat berdasarkan T/G/J masih dibawah standar berdasarkan Surat Keputusan Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Parepare No. PP 131 Tahun 2018 adalah 20 T/G/J. Adapun faktor – faktor yang mempengaruhi kinerja bongkar muat di Pelabuhan Cappa Ujung Parepare adalah perbedaan usia dan pengalaman untuk tenaga kinerja bongkar muat (TKBM) , usia alat bomgkar muat yang rata rata berusia 301 tahun menyebakan kemampuan dan gerak alat bongkar muat yang menurun dan perbedaan jenis muatan yang memerlukan penanganan yang berbeda dan alat angkat yang berbeda pula.

Kata kunci : Kinerja, Bongkar Muat, TKBM, T/G/J, cause and effect.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Performance, Loading and Unloading, TKBM, T/G/J, cause and effect.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:50
Last Modified: 16 Nov 2022 00:50
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23264

Actions (login required)

View Item
View Item