ANALISIS POLA ALIRAN DISEPANJANG LAMBUNG KAPAL CEPAT AKIBAT VARIASI DEADRISE ANGLE, PERUBAHAN TRIM DAN BENTUK LAMBUNG BERTANGGA = THE ANALYSIS OF FLOW PATTERNS AROUND A HIGH-SPEED SHIP HULL DUE TO DEADRISE ANGLE VARIATIONS, CHANGES IN TRIM AND SHAPE OF THE BUTTON


Ramdhani, Yunanda Ika (2022) ANALISIS POLA ALIRAN DISEPANJANG LAMBUNG KAPAL CEPAT AKIBAT VARIASI DEADRISE ANGLE, PERUBAHAN TRIM DAN BENTUK LAMBUNG BERTANGGA = THE ANALYSIS OF FLOW PATTERNS AROUND A HIGH-SPEED SHIP HULL DUE TO DEADRISE ANGLE VARIATIONS, CHANGES IN TRIM AND SHAPE OF THE BUTTON. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D31116516_skripsi_cover1.jpg

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D31116516_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (924kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D31116516_skripsi_dp.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D31116516_skripsi_dp.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 November 2024.

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
​Yunanda Ika Ramdhani / D311 16 516. “ANALISIS POLA ALIRAN DISEPANJANG LAMBUNG KAPAL CEPAT AKIBAT VARIASI DEADRISE ANGLE, PERUBAHAN TRIM DAN BENTUK LAMBUNG BERTANGGA”. (Dibimbing oleh Ir. Lukman Bochary, M.T. dan Prof. Ir. Mansyur Hasbullah, M.Eng)
Kapal cepat memiliki kecepatan yang relatif lebih besar dibanding kapal yang lain, disebabkan karena model rancangan dari kapal cepat dirancang untuk meminimalisir tahanan yang dihasilkan sehingga kecepatan kapal dapat optimal secara signifikan. Besarnya permintaan untuk kapal berkecepatan tinggi telah menyebabkan perkembangan beberapa bentuk desain lambung yang canggih, misalnya kapal berbentuk lambung deadrise angle dengan variasi bentuk Stepped yang berguna untuk menambah gaya keatas sehingga mengurangi gesekan antara air dan lambung. Kapal dengan bentuk lambung deadrise angle adalah salah satu bentuk lambung dari jenis lambung planing hull. Kapal dengan tipe ini merupakan salah satu jenis kapal yang mempunyai tingkat efisien yang baik sebagai kapal cepat. Prinsip dasar dari penggunaan Stepped ialah mengurangi luas permukaan basah (wetted surface area) karena timbulnya turbulensi dibawah badan kapal. Desain bentuk stepped yang diteliti yaitu model stepped V, U, W, dan 2-U dengan deadrise angle 5°, 10° dan15° dan luas penampang yang sama. Jumlah dari stepped yang dimodelkan dikategorikan satu, dua dan tiga stepped hull. Tiga kondisi lambung diasumsikan menjadi 3 tingkatan kemiringan yaitu kondisi trim buritan 1°, trim buritan 2°, dan trim buritan 3°. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode numerik dengan bantuan software Maxsurf Modeller untuk melakukan pemodelan kapal serta Maxsurf Resistance untuk melakukan prosesanalisis karasteristik tahanan kapal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana karasteristik pola aliran kapal lmodel kapal pada beberapa kondisi trim dan kesesuaiannya. Penelitian ini termasuk penelitian numerik dengan menggunakan Software Aplikasi Maxsurf modeler dan Maxsurf Resistance.
Adapun dari penelitian ini dihasilkan bahwa karasteristik pola aliran yang terbentuk disekitar lambung kapal sangat dipengaruhi oleh deadrise angle dan bentuk tepped kapal, walaupun nilai tahanan kapal yang dihasilkan sama pada setiap kondisi trim.

Keywords : Planing Hull, Deadrise Angle, Stepped, Trim Kapal, Tahanan,Pola Aliran, Metode Wyman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Planing Hull, Deadrise Angle, Stepped, Trim Kapal, Tahanan,Pola Aliran, Metode Wyman
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Nov 2022 07:59
Last Modified: 15 Nov 2022 07:59
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23262

Actions (login required)

View Item
View Item