HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERILAKU BULLYING DI SMA NEGERI 7 MAKASSAR


AFANDY, MARIANI (2019) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERILAKU BULLYING DI SMA NEGERI 7 MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
19_C12115013_Cover1.jpg

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
19_C12115013(FILEminimizer) ... ok bab 1-2.pdf

Download (774kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
19_C12115013(FILEminimizer) ... ok dapus-lamp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19_C12115013(FILEminimizer) ... ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Mariani Afandy. C12115013. HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERILAKU BULLYING DI SMA NEGERI 7 MAKASSAR. Dibimbing oleh Ariyanti Saleh dan Akbar Harisa.
Latar Belakang : Pola asuh adalah cara orang tua berperilaku dalam membimbing memengaruhi anak-anak untuk berperilaku positif dan mengajarkan nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku di lingkungan sekitamya Proses pola pengasuhan sangat mempengaruhi perilaku dan karakter anak jika orang tua tidak benar dalam menerapkan pola pengasuhan, hal itu akan menyebabkan anak menyimpang dari perilaku, salah satunya adalah perilaku bullying Perilaku bullying adalah salah satu akibat dari tidak berfungsinya peran orang tua dalam proses penguatan karakter, religiusitas, dan kontrol diri pada remaja.
Tujuan: Untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan perilaku bullying di SMAN 7 Makassar.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan cross sectional dan jumlah sampel 281 siswa dari kelas 1, 2, 3 SMA yang menggunakan stratified random sampling Instrumen penelitian ini adalah angket pola asuh yang di modifikasi dari PSDQ serta instrument perilaku bullying dimodifikasi dari The Bullying Prevalence Questionnaire dalam skala likert Analisis data menggunakan tabulasi silang
Hasil: Data menunjukkan bahwa responden dengan pola asuh yang paling tinggi adalah pola asuh otoriter 118 siswa (4296). responden dengan pola asuh demokratis yaitu 103 siswa (36,7%), responden dengan pola asuh yang paling rendah adalah pola asuh permisif yaitu 60 siswa (21,46) sedangkan responden dengan perilaku bullying terbanyak adalah perilaku bullying dengan intensitas rendah yaitu (51,6%), responden dengan perilaku bullying dengan intensitas sedang yaitu 86 siswa (30%), responden dengan perilaku bullying terbanyak adalah perilaku bullying dengan intensitas tinggi yaitu 50 siswa (17,8%) serta Ada hubungan antara pola asuhorang tua dengan perilaku Bullying.
Kesimpulan: Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada hubungan antara pola asuh otoriter dengan perilaku bullying dengan intensitas rendah Pola asuh yang otoriter adalah pola asuh yang terlalu keras sehingga anak-anak menjadi terbiasa dengan suasana yang mengancam dan juga dapat secara tidak sadar membuat anak-anak terbiasa dengan perilaku bullying di lingkungan mereka Penelitian ini diharapkan agar orang tua dapat menerapkan pola asuh yang tepat dalam keluarga sehingga anak tidak berperilaku bullying serta dapat memberikan manfaat yang dapat dijadikan informasi khusus bagi siswa dan staf SMAN 7 Makassar, dalam rangka meningkatkan pembinaan terkait dengan perilaku bullying

Kata kunci: Pola asuh, Perilaku bullying

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 26 Jan 2021 03:51
Last Modified: 26 Jan 2021 03:51
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/2317

Actions (login required)

View Item
View Item