PEMANFAATAN KULIT BUAH COKELAT UNGU M45 (Theobroma cacao) SEBAGAI ADSORBEN LOGAM BERAT Fe(III) DAN Cu(II) PADA LIMBAH CAIR LABORATORIUM


PABBENTENG, PABBENTENG (2019) PEMANFAATAN KULIT BUAH COKELAT UNGU M45 (Theobroma cacao) SEBAGAI ADSORBEN LOGAM BERAT Fe(III) DAN Cu(II) PADA LIMBAH CAIR LABORATORIUM. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of full text] Text (full text)
19_P032171205(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

PABBENTENG. Pemanfaatan Kulit Buah Cokelat Ungu M45 (Theobroma
cacao) sebagai Adsorben Logam Berat Fe(III) dan Cu(II) pada Limbah Cair Laboratorium (dibimbing oleh Muhammad Farid Samawi dan Maming)
Penelitian ini bertujuan menurunkan kandungan ion logam Fe(III)
dan Cu(II) pada limbah cair laboratorium dengan menggunakan kulit buah cokelat ungu M45 (Theobroma cacao) sebagai biosorben.
Penelitian dilakukan dengan dua sistem, yaitu sistem batch dan
kontinyu. Sistem batch bertujuan menentukan waktu kontak optimum, pH optimum dan kapasitas adsorpsi, sedangkan sistem kontinyu bertujuan menentukan tinggi adsorben dan laju alir optimum limbah laboratorium.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode adsorpsi dan filtrasi. Hasil adsorpsi dianalisis dengan menggunakan Spektrofotometer Serapan Atom (SSA).
Hasil penelitian ini menunjukkan kondisi optimum adsorpsi kulit
buah cokelat ungu M45(Theobroma cacao) terhadap ion logam Fe(III) dan Cu(II) terjadi pada menit ke 90 dan pH 6 pada sistem batch. Laju alir optimum pada proses kontinyu adalah 6,166 mL/detik dengan ketinggian adsorben 15 cm pada kolom adsorpsi 2 inchi. Kapasitas adsorpsi adsorben terhapap ion logam Fe(III) sebesar 11,074 mg/g dan Cu(II) sebesar 28,4091 mg/g berdasarkan metode isotermal Langmuir.
Kata kunci : Kulit buah cokelat ungu M45 (Theobroma cacao), limbah cair laboratorium, adsorpsi, ion logam Fe(III) , ion logam Cu(II).

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Pengelolaan Lingkungan Hidup
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 09 Nov 2022 05:48
Last Modified: 09 Nov 2022 05:48
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23101

Actions (login required)

View Item
View Item