Rahman, Harnita (2020) INTERNALISASI NILAI-NILAI GENDER MELALUI AKTIVITAS LITERASI DALAM KELUARGA PEGIAT LITERASI MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
P072191005_tesis cover1.png
Download (1MB) | Preview
P072191005_tesis 1-2.pdf
Download (3MB)
P072191005_tesis dp.pdf
Download (740kB)
P072191005_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi nilai-nilai gender melalui aktivitas literasi dan menganalisis pengaruhnya terhadap relasi gender dalam keluarga pegiat literasi di Makassar.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan analisis deskriptif. Data diperoleh melalui kajian pustaka, wawancara dan observasi. Informan dipilih secara purpose sampling dengan menetapkan dua keluarga pegiat literasi yaitu Paradigma Institute dan Kampung Buku di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Data diolah menggunakan teknik koding dan dianalisis dengan menggunakan teori ekologi keluarga dan teori feminis sosialis.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa aktivitas literasi berupa pendirian perpustakaan dan inisiasi ruang belajar yang dilakukan oleh pegiat literasi di rumah keluarga pegiat literasi, mengandung nilai-nilai gender yaitu keterbukaan, kesetaraan, dan kerja sama. Internalisasi nilai nilai gender melalui kegiatan literasi berpengaruh pada relasi gender antara suami, istri dan anak di dalam keluarga. Bentuk internalisasi nilai ini tergambar pada proses pengambilan keputusan dalam menenentukan pendidikan dan pengasuhan anak serta dalam pembagian kerja dalam rumah tangga.
Keywords : aktivitas literasi; ekologi keluarga; feminis sosialis; keluarga; nilai-nilai gender
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 13 Feb 2021 11:37 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 04:32 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/2299 |