PENGARUH SUDUT DATANG GELOMBANG TERHADAP DEFORMASI GELOMBANG PADA BANGUNAN OWEC BREAKWATER = THE INFLUENCE OF THE ANGLE OF INCIDENCE OF WAVES ON THE DEFORMATION OF WAVES IN THE OWEC BREAKWATER BUILDING


Rasyid, Muh. Aidhil Akbar (2022) PENGARUH SUDUT DATANG GELOMBANG TERHADAP DEFORMASI GELOMBANG PADA BANGUNAN OWEC BREAKWATER = THE INFLUENCE OF THE ANGLE OF INCIDENCE OF WAVES ON THE DEFORMATION OF WAVES IN THE OWEC BREAKWATER BUILDING. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D11116313_skripsi_23-05-2022 cover1.png

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D11116313_skripsi_23-05-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D11116313_skripsi_23-05-2022 dp.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D11116313_skripsi_23-05-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 November 2024.

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Bangunan Owec Breakwater merupakan salah satu inovasi yang dilakukan untuk melindungi pantai dan berkonsep sebagai energi konverter gelombang. Model ini bekerja dengan cara mengumpulkan air yang melimpas dari puncak bangunan melalui overtopping gelombang. Model Owec Breakwater ini akan dilakukan simulasi dengan beberapa vasiasi pada parameter gelombang dan model.
Tujuan dari penelitian ini adalah Menentukan rekayasa yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tinggi gelombang pada ketiga titik sudut gelombang datang dan mengetahui solusi yang harus dibuat untuk memaksimalkan tinggi gelombang datang. Penelitian ini dilakukan di Kampus Unhas Gowa Fakultas Teknik tepatnya di laboratorium departemen teknik sipil dan departemen teknik kelautan dengan waktu pengambilan data selama 1 bulan dimulai dari 21 Agustus sampai dengan 9 September 2020.
Karakteristik gelombang yang terjadi pada ketiga sudut tersebut berbeda-beda. Hal itu dapat terjadi karena adanya gelombang refleksi yang dapat mengakibatkan perbedaan tinggi gelombang serta adanya perbedaan posisi pada penempatan probe dari model. Hal ini juga menunjukkan bahwa semakin besar periode gelombang, maka tinggi gelombang yang dihasilkan akan semakin besar juga. Pada simulasi model untuk penelitian ini terjadi deformasi gelombang yang cukup besar. Terdapat nilai fluktuasi yang berbeda-beda tiap sudut mengakibatkan adanya gelombang refleksi yang terjadi pada penelitian tersebut. Sehingga titik puncak maksimum berbeda pada tiap sudut.
Gelombang yang terjadi pada sudut 67,5° & 45° mengalami kemiringan sehingga terjadinya difraksi atau pembelokan gelombang sedangkan pada sudut 90° tidak terjadi difraksi. Dari ketiga Gambar grafik tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai persentase peningkatan tinggi gelombang terbesar berada pada sudut 90° dikarenakan gelombang yang terjadi dapat dipantulkan kembali. Bertemunya gelombang datang dan gelombang refleksi menyebabkan terjadinya standing wave sehingga tinggi gelombang dapat meningkat.

Kata Kunci: Gelombang, Owec Breakwater, Overtopping, Sudut

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Wave, Owec Breakwater, Overtopping, Corner
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Nov 2022 07:21
Last Modified: 10 Nov 2022 07:21
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/22969

Actions (login required)

View Item
View Item