PENGARUH UMUR INDUK TERHADAP KUANTITAS DAN KUALITAS SUSU KAMBING PERANAKAN ETAWAH DI KECAMATAN TINAMSUNG KABUPATEN POLMAS


FATMAWATI, FATMAWATI (1998) PENGARUH UMUR INDUK TERHADAP KUANTITAS DAN KUALITAS SUSU KAMBING PERANAKAN ETAWAH DI KECAMATAN TINAMSUNG KABUPATEN POLMAS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
FATMAWATI.pdf

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kuantitas (jumlah produksi) serta perbedaan kadar lemak dan protein susu kambing Peranakan Etawah pada tingkat umur yang berbeda sehingga nantinya dapat berguna sebagai bahan informasi bagi peternak dan masyarakat pada umumnya tentang kuantitas serta kadar lemak dan protein susu kambing Peranakan Etawah di Kecamatan Tinambung Kabupaten Polmas.

Penelitian ini menggunakan 40 ekor kambing Peranakan Etawah yang sedang laktasi dimana umur laktasinya kurang lebih satu bulan dan terbagi atas 4 tingkat umur induk, yaitu umur >1-2 tahun (A); umur >2-3 tahun (B); >3 -4 tahun (C ); >4-5 tahun (D). Penentuan umur induk diperoleh dari informasi pemilik ternak dan dengan melihat gigi pada ternak tersebut. Pengambilan sampel dilakukan dengan pemerahan dan ditempat pada gelas ukur untuk mengetahui berapa jumlah produksi susu, selanjutnya dimasukkan ke dalam botol kecil untuk diidentifikasi sesuai dengan umurnya. Botol-botol ini dimasukkan ke dalam termos es yang telah berisi pccalian es batu untuk menjaga kesegaran sampel hingga penanganan di laboratorium. Sampel kemudian dianalisa dengan metode A.O.A.C. dimana untuk analisa lemak dengan metode soxchlct, dan protein dengan metode kjeldahl.

Data diolah berdasarkan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan umur induk sebagai perlakuan dan 10 kali ulangan. Sidik ragam yang menunjukkan pengaruh nyata dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkecil (BNT).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa umur induk berpengaruh sangat nyata teriiadap kuantitas serta kualitas lemak dan protein susu kambing Peranakan Etawah.

Rata-rata produksi susu yang diperoleh pada umur >1-2 tahun adalah 36,24 cc; umur >2-3 tahun 56,92 cc; umur >3-4 tahun 69,97 cc; umur >4-5 tahun 78,60 cc. Rata-rata kandungan lemak pada umur >1-2 tahun 3,60 %; umur >2-3 tahun 3,74 %; umur >3-4 tahun 3,91 % dan umur >4-5 tahun 4,07 %. Rata-rata kandungan protein pada umur >1-2 tahun adalah 3,27 %; umur >2-3 tahun 3,43 %; umur >3-4 tahun 3,66 % dan umur >4-5 tahun sebesar 3,52 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions (Program Studi): Fakultas Peternakan > Teknologi Produksi Ternak
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 10 Nov 2022 07:04
Last Modified: 10 Nov 2022 07:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/22952

Actions (login required)

View Item
View Item