ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI YANG BERPERAN PADA PROSES DEKOMPOSISI DAUN GAMAL Glyricidia sepium (Jaqc.) Kunlh. ex. Walp.


FATMAWATI, FATMAWATI (2006) ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI YANG BERPERAN PADA PROSES DEKOMPOSISI DAUN GAMAL Glyricidia sepium (Jaqc.) Kunlh. ex. Walp. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
Fatmawati..pdf

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Telah dilakukan penelitian mengenai isolasi dan identifikasi bakteri yang berperan pada proses dekomposisi daun gamal Glyricidia sepimu (.lacq.) Kunth. Ex Walp, yang dilaksanakan pada bulan Marct-April 2006 di Laboratorium Mikrobiologi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Hasanuddin, Makassar. Penelitian ini mencakup isolasi dan perhitungan jumlah total bakteri dengan metode Standart Plate Count (SPC). Pengamatan koloni bakteri dilakukan secara makroskopis dengan melihat bentuk, elevasi, tepi, warna dan struktur dalam, pengamatan mikroskopis dilakukan dengan melakukan pengecatan gram dan pewarnaan spora serta dilakukan uji biokimia. Dari hasil uji biokimia diketahui bahwa bakteri yang berhasil diisolasi ada 5 genus bakteri yang berperan dalam dekomposisi tersebut yaitu Clostridium. Bacillus, Mikrobacterium, Nocardia dan Cellulomonas. Dari kelima genus bakteri tersebut hanya Clostridium yang mampu berperan sampai minggu-6 proses dekomposisi Bacillus sampai pada minggu-4 sedangkan Mikrobacterium, Nocardia dan Cellulomonas dijumpai pada minggu-1 sampai pada minggu-5.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions (Program Studi): Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Biologi
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 10 Nov 2022 07:03
Last Modified: 10 Nov 2022 07:03
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/22951

Actions (login required)

View Item
View Item