Kerapatan, Kadar Etanol, dan Rendemen dari Sagu (Metroxylon sagus Rottb.) dengan Fermentasi Menggunakan Saccharomyces cerevisiae


FATMAWATI, FATMAWATI (2008) Kerapatan, Kadar Etanol, dan Rendemen dari Sagu (Metroxylon sagus Rottb.) dengan Fermentasi Menggunakan Saccharomyces cerevisiae. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
FATMAWATI (2).pdf

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kerapatan, kadar etanol, dan rendemen dari sagu dengan fermentasi menggunakan jamur S. cerevisiae pada berbagai persentase penambahan. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Bioproses, Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Ujung Pandang dengan melakukan beberapa prosedur penelitian yaitu : persiapan bahan baku, peremajaan jamur S. cereviceae, analisa kadar pati, penetapan blanko, pembuatan larutan jamur S. cereviceae, hidrolisis, analisa kadar gula pada filtrat, fermentasi, dan destilasi.

Penelitian ini menggunakan persentase penambahan larutan jamur S. cereviceae 10% sebanyak 45 ml, 20% sebanyak 90 ml, dan 30% sebanyak 135 ml. Setelah dilakukan fermentasi pada filtrat, maka tahap akhir adalah destilasi untuk mendapatkan etanol dari sagu. Etanol yang telah didestilasi kemudian dilakukan analisa kerapatan, kadar etanol, dan rendemen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa semakin tinggi persentase penambahan larutan jamur S. cereviceae pada sagu maka semakin tinggi kadar etanol dan rendemen etanol yang dihasilkan, sedangkan kerapatan etanol semakin rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions (Program Studi): Fakultas Kehutanan > Kehutanan
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 10 Nov 2022 07:00
Last Modified: 10 Nov 2022 07:00
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/22948

Actions (login required)

View Item
View Item