IMAM LAPEO BAGI MASYARAKAT MANDAR DI KECAMATAN CAMPALAGIAN KABUPATEN POLMAN


AWALUDDIN, ERWIN (2007) IMAM LAPEO BAGI MASYARAKAT MANDAR DI KECAMATAN CAMPALAGIAN KABUPATEN POLMAN. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
ERWIN AWALUDDIN.pdf

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji persepsi masyarakat terhadap Imam Lapeo dalam masyarakat Mandar pada umumnya dan masyarakat Kecamatan Campalagian pada khususnya, dengan mengacu pada pokok permasalahan, yaitu (1) Bagaimana cara Imam Lapeo mengajarkan Islam di Kecamatan Campalagian Kabupaten Polman dan (2) Bagaimana citra Imam Lapeo bagi Masyarakat Mandar
Untuk mendapatkan keterangan yang berkenaan dengan pokok permasalahan tulisan ini digunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Metode yang dilakukan adalah dengan melakukan dokumentasi, wawancara dan melakukan pengamatan terhadap setiap gejalah yang berkenaan dengan pokok permasalahan tulisan ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bagaimana Imam Lapeo mampu menciptakan perubahan secara menyeluruh dalam bidang keislaman dalam masyarakat Mandar pada umumnya dan masyarakat Kecamatan Campalagian pada khususnya. Maka muncul persepsi dalam masyarakat bahwa Imam Lapeo diposisikan sebagai agent perubah dan penyelamat, sehingga lahirlah bentuk penokohan terhadap Imam Lapeo yang masih diyakini sampai sekarang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 10 Nov 2022 06:49
Last Modified: 10 Nov 2022 06:49
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/22935

Actions (login required)

View Item
View Item