DAYA CERNA NDF DAN ADF RANSUM PADA KAMBING JANTAN MUDA YANG MENDAPAT RANSUM BASAL HIJAUAN LAPANGAN DENGAN SUPLEMEN YANG MENGANDUNG LEVEL SULFUR BERBEDA


MALINGGA, EMYLIANA (1996) DAYA CERNA NDF DAN ADF RANSUM PADA KAMBING JANTAN MUDA YANG MENDAPAT RANSUM BASAL HIJAUAN LAPANGAN DENGAN SUPLEMEN YANG MENGANDUNG LEVEL SULFUR BERBEDA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
EMYLIANA MALINGGA.pdf

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Emyliana Malingga. Daya Cerna NDF dan ADF Ransum pada Kambing Jantan Muda Yang Mendapat Ransum BasaL Hijauan Lapangan Dengan Suplemen Yang Mengandung Level Sulfur Berbeda. Dibawah bimbingan F.K. Tangdilintin sebagai Pembimbing Utama dan Muhammad Zain Mide sebagai Pembimbing Anggota.
Penelitian ini dilaksanakan di kompleks perkandangan Unit Ternak Kecil Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin Ujung Pandang yang berlangsung dari bulan September sampai bulan Desember 1995.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui daya cerna NDF dan ADF Hijauan Lapangan yang memperoleh suplemen yang mengandung level sulfur yang berbeda pada kambing jantan muda.
Materi yang digunakan adalah 4 ekor kambing jantan muda dengan variasi umur 6 bulan sampai 7 bulan dengan berat badan sekitar 9 - 11 kg. Pakan yang digunakan adalah hijauan lapangan yang diambil dalam kampus Universitas Hasanuddin bersama dedak padi, urea, sulfur, pikuten, garam dapur yang diperoleh di Kota Madya Ujung Pandang. Konsentrat yang diberikan pada ternak penelitian sebanyak 1 % dari berat sedang hijauan diberikan ad libitium. Perlakuan yang diberikan pada ternak kambing selama penelitian didasarkan pada tambahan sulfur dalam konsentrat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions (Program Studi): Fakultas Peternakan > Nutrisi dan Makanan Ternak
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 10 Nov 2022 06:37
Last Modified: 10 Nov 2022 06:37
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/22922

Actions (login required)

View Item
View Item